WhatsApp dilaporkan down sejak sekitar pukul 18.00 sore tadi

JAKARTA, MEDIARESTORASI.COM – Tiga layanan yang dimiliki Facebook Inc., yakni Whatsapp, Instagram dan media sosial Facebook dilaporkan tidak dapat diakses di sejumlah wilayah. Ketiga layanan ini dilaporkan down sejak sekitar pukul 18.00 sore tadi.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, gangguan ini terjadi di sejumlah wilayah termasuk Indonesia.

Para pengguna melaporkan kesulitan mengakses halaman utama Facebook bahkan tak sedikit pengguna yang tidak bisa sama sekali masuk pada halaman ini.

Untuk Instagram, pengguna mengeluhkan sulitnya mengunggah konten bahkan fitur-fitur utama seperti Instagram Stories, Direct Message, dan aliran feed tidak dapat digunakan.

Sementar untuk WhatsApp, KompasTekno juga mengalami kesulitan dalam mengirim maupun menerima pesan.

Hingga berita ini ditayangkan, gangguan masih terjadi dan Facebook belum memberi keterangan resmi terkait hal ini.

Sebelumnya, Senin (3/9/2018) sekitar pukul 16.50 EDT, atau Selasa (4/9/2018) pukul 3.30 WIB juga down.

Melalui perwakilannya, Jay Nancarrow, Facebook mengatakan penyebab kejadian ini adalah masalah jaringan.

“Pagi tadi, terdapat masalah jaringan yang menyebabkan beberapa orang bermasalah dalam mengakses atau mengirim postingan ke beberapa layanan Facebook,” ungkap Nancarrow.

Pihaknya belum menjelaskan lebih lanjut tentang detail masalah yang mengakibatkan tumbangngnya platform populer tersebut selama 90 menit.

Kami telah menginvestigasi dan akan memulihkan akses dengan cepat, dan masalah ini telah diperbaiki,” lanjutnya.

Pengguna Mengeluh

Diketahui, sejumlah pengguna berbondong-bondong mengeluh ke platform kompetitor Facebook, Twitter saat mengetahui layanan Facebook, Instagram, Messenger dan WhatsApp milik mereka mengalami masalah.

Beberapa pengguna mengaku mengalami masalah log-in, posting kiriman, mengirim komentar, dan memperbarui linimasa di Facebook, sebagaimana KompasTekno lansir dari The Sun, Selasa (4/9/2018).

Akan ada pesan berbunyi “Your account is currently unavailable due to a site issues. We expected to be resolved shortly” yang memberi tahu pengguna jika akun Facebooknya sedang dalam masalah, karena gangguan situs dan akan segera dipulihkan.

Pengguan Messenger mengatakan jika proses “loading” terganggu.

Sementara pengguna Instagram banyak yang frustasi karena layanan tidak bisa di-refresh untuk melihat unggahan terbaru.

Begitu pula dengan pengguna WhatsApp, mengaku koneksi layanannya terputus, sehingga tidak bisa mengirim dan menerima pesan.

Gangguan ini tidak terjadi di wilayah yang spesifik.

Menurut data dari Down Detector, para pengguna di wilayah Amerika Serikat dan daratan Eropa adalah yang paling banyak terkena dampak erornya layanan Facebook dkk.

Sementara di sisi belahan Bumi timur yang dihuni kawasan Asia, Afrika, dan Australia, tidak ditemukan banyak titik keluhan. Bisa jadi, karena sebagian besar wilayah ini masih memasuki jam tidur.

Aplikasi Facebook juga sulit diakses hari ini.
Aplikasi Facebook juga sulit diakses hari ini. (ist/net)
Pernah Terjadi Maret Lalu

Sebelumnya, layanan jejaring sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp sempat mengalami gangguan selama berjam-jam pada pertengahan Maret lalu, dari pagi hingga tengah hari.

Gangguan ini disebut menjadi yang terparah sejak jejaring tersebut didirikan dan terjadi secara global. Saking parahnya, muncul dugaan di antara para netizen bahwa Facebook tengah diserang oleh peretas, tapi ini segera ditepis oleh Facebook.

Setelah layanan berangsur normal, Facebook kemudian mengungkap penyebab utama terjadinya gangguan tersebut. Menurut Facebook, gangguan ini adalah imbas dari perubahan konfigurasi pada server yang digunakan untuk layanan-layanannya itu.

“Kemarin, sebagai akibat dari perubahan konfigurasi server, banyak orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan layanan kami,” tulis Facebook melalui akun Twitter miliknya.

“Kami sekarang telah menyelesaikan masalah dan sistem kami sedang pulih. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan menghargai kesabaran semua orang,” lanjut mereka.

Gangguan yang terjadi kemarin disebut sebagai yang terparah karena juga berimbas pada layanan lain yang dimiliki Facebook, seperti Instagram, WhatsApp, dan Oculus.

Menurut DownDetector, gangguan ini dimulai dari wilayah Amerika Serikat yang kemudian menyebar ke Eropa, Australia, dan Asia, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, pihak Facebook sendiri menyatakan memang terjadi kendala teknis yang menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses sejumlah layanan. Facebook pun mengonfirmasi bahwa gangguan itu bukanlah hasil serangan DDoS dari peretas.

“Kami fokus untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin, tapi kami bisa pastikan bahwa kendala ini tidak terkait dengan serangan DDoS,” kata Facebook.

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa