PERINGATAN HUT GAUKANG KARAENG GALESONG YANG KE 267 ” DENGAN TEMA MERAJU BENANG PUTIH

TAKALAR (SULSEL),MEDIARESTORASI.COM – Dalam Rangka pelaksanaan Peringatan Gaukang (Tammu Taung) Karaeng Galesong yang ke-267 di Pelataran Rumah Adat Balla Lompoa Galesong” Kecamatan Galesong Kab. Takalar, Kamis 12 April 2018.

Gaukang diawali dengan ritual “Appalili” atau mengitari Istana Balla lompoa sebanyak 3 kali dengan mengarak Sapi bersama dan keturunan dari Karaeng Galesong keliling kampung sebelum kemudian sapi disembelih. Tema pada Gaukang tahun ini adalah “Meraju Benang Putih Persaudaraan dalam Spirit I Manninori Kare Tojeng Karaeng Galesong”.

Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan bahwa Gaukang bukan hanya cikal bakal terbentuknya pemukiman dan pusat pemukiman masyarakat di Kabupaten Takalar, tetapi juga awal terbentuknya kepemimpinan dalam masyarakat sebagai satu kesatuan.

“kehadiran kita ditempat ini untuk reuni dalam memperkuat NKRI, dan dengan HUT gaukang ini Budaya saling mendukung, Sipakatau dan Sipakalebbi terus di tingkatkan” Kata Bupati

Kita juga harus bergandengan tangan untuk memperkuat visi kab. Takalar yaitu kehidupan Takalar yang unggul, sejahera dan bermartabat. Pungkasnya

FOTO PARA RAJA- RAJA DAN TAMU UNDAGAN

H. Syamsari juga menambahkan bahwa Takalar memiliki kekayaan budaya yang harus direncanakan dengan baik dalam menunjang Pariwisata dan ekonomi. Kita berupaya agar Sejarah dirancang dengan baik dan menjadi destinasi bagi semua orang.

“Bukan hanya sekedar destinasi alam tetapi juga kita memiliki wisata sejarah yang mungkin tidak dimiliki kabupaten-kabupaten lain. Oleh karena itu kita harus mentata destinasi wisata ini dan memacu atau mendorong agar potensi ini dapat terus ditingkatkan”. Tambahnya H.Syamsari

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menegaskan agar seluruh komponen masyarakat mendukung Program Pemerintah Daerah.  “seperti Gematasamara dan mendukung Kab. Takalar sebagai kabupaten jagung” jelas bupati Drs. H. M Arfah, M.AP Dg (SP)

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa