Galeri Motor Bandong, Objek Wisata Memberi Daya Tarik Selama Liburan Natal & Tahun Baru

SINTANG (KALBAR), Mediarestorasi.com – Salah satu objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan di kota Sintang adalah galeri motor bandong. Yaitu sebuah kapal berukuran besar yang mirip dengan bahtera nuh.

Galeri Motor Bandong ini merupakan objek wisata yang menarik buat masyarakat Kota Sintang bahkan kunjungan wisatawan dari daerah lain diluar Kabupaten yang berkunjung kesini. Bentuknya yang unik dan khas juga menjadi daya tarik tersendiri. Duma salah seorang pengunjung yang berasal dari Pontianak kebetulan berkunjung ke galeri tersebut bersama keluarganya mengungkapkan rasa senangnya akan objek wisata ini.

“Ini pertama kali saya berkunjung kesini dan kebetulan saya juga bersama keluarga ingin melihat seperti apa objek wisata galeri motor bandong ini. Tempatnya memang bagus dan cocok sekali untuk berfoto,” ungkap Duma saat diwawancarai wartawan Media Restorasi Indonesia biro Sintang Kalbar.

Duma juga mengungkapkan bahwa di daerah lain mungkin belum ada museum berbentuk miniatur kapal bandong seperti ini. Kebetulan di hari libur natal ini memang cukup banyak juga masyarakat yang berkunjung ke museum galeri motor bandong tersebut.

“Tentunya ini jadi nilai tambah dalam dunia pariwisata di Kabupaten Sintang. Di tempat lain saya belum pernah melihat ada tempat wisata yang bentuknya seperti kapal besar ini,” katanya.

Marciana salah seorang pengunjung dari kota Sintang yang juga seorang karyawan swasta disebuah perusahaan keuangan yang ada di Kabupaten Sintang mengungkapkan hal yang sama akan keberadaan museum galeri motor bandong berdampak positif bagi masyarakat.

Selain sebagai pusat rekreasi galeri ini juga merupakan tempat bagi masyarakat melihat akan aset budaya. Karena di dalam museum terdapat berbagai hasil karya budaya dan seni warisan nenek moyang dahulu. Berbagai hasil kerajinan juga ditampilkan dalam museum galeri motor bandung tersebut.

“Saya merasa senang bisa melihat objek wisata disini. Karena kita juga tahu akan adanya bangunan yang berbentuk sebuah kapal besar yang didalam juga kita bisa melihat karya seni masyarakat daerah yang ditampilkan. Yaitu berupa kerajinan tangan yang merupakan karya anak bangsa,” ungkap Marciana.

Marciana berharap agar pemerintah daerah Kabupaten Sintang bersama masyarakat agar tetap terus berupaya melestarikan seni budaya dalam pengembangan objek pariwisata yang ada di Kabupaten Sintang ini. (Chris)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum