Memprihatinkan, Warga Harus Bertaruh Nyawa Untuk Melintas Karena Jalan Putus

PALU (Sulteng), Mediarestorasi.com – Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah pengunungan Kulawi Kabupaten Sugi, Sulawesi Tengah, Jalan trans palu-kulawi terputus.

Putusnya Akses jalan di desa salua, akibat terkikis air sungai yang meluap.  Tingginya curah hujan di wilayah itu, menjadi penyebab utama putusnya jalan trans tersebut. Sehingga mengakibatkan arus transportasi ke wilayah itu mengalami lumpuh beberapa hari.

Dari pantauan tim media restorasi.com saat berkunjung ke salua (tempat putusnya jalan). Terlihat kondisi jalan memang sangat rawan. Mengapa? karena jalan yang putus tersebut sangat dekat dengan bibir sungai.

Alternatif pengalihan jalan juga sangat sulit, karena harus membongkar tebing gunung yang tinggi. Butuh waktu dan anggaran yang besar, untuk melakukan pebumbatan jalan baru.

Kondisi ini tentu tidak mungkin dibiarkan berlarut. Ada puluhan ribu masyarakat yang terisolir dan membutuhkan pelayanan pemerintahan. Baik pelayanan kesehatan, pendidikan maupun distribusi perdagangan.

Menurut masyarakat yang kami tanyai saat melintas di lokasi jalan yang terputus, mengatakan bahwa, mereka sangat kawatir dengan kondisi akses jalan yang terputus ke kampung mereka.

“Dengan putusnya jalan ini kami sangat kawatir karena akan sulit membawa keluarga jikalau tiba-tiba ada yang sakit dan harus dirujuk ke palu. Kita mau lewat mama?”. Ungkap Kristi

Hal yang sama juga di ungkapkan Hartono, ia prihatin dan juga kawatir dengan kondisi jalan yang putus karena akan mempengaruhi roda perekonomian di wilayah itu. “Kondisi ini pasti akan berdampak pada lumpuhnya arus dagang, karena akses jalan terputus”. Jelas Hartono.

Ia pun berharap, pemerintah segera melakukan langka tanggap darurat, untuk membuka atau membuat jalan alternatif sementara.

Menjawabab harapan masyarakat tersebut, sejumlah alat berat telah diturunkan pemerintah Kabupaten Sigi. Walau pun terbatas, setidaknya sudah ada respons dari pemerintah.

Kondisi ini tentu akan menjadi perhatian dan keprihatinan publik, Baik lokal, nasional bahkan manca negara. Karena, salah wilayah yang kena dampak dari putusnya akses jalan ini adalah Danau Lindu yang merupakan salah satu destinasi wisata di Propinsi Sulawesi Tengah. (Yunus)

 

 

 

 

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa