KPU Pasangkayu Jadi Tuan Rumah Rakoord Pilkada Serentak Sulbar 2020

PASANGKAYU, MEDIARESTORASI.COM – Senin 6 Juli 2020 KPU kab. Pasangkayu menjadi Tuan Rumah Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Pemilihan Serentak Tahun 2020, yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh komisioner dan sekretaris KPU Prov. Sulbar, Ketua Bawaslu Sulbar, Komisioner dan sekretaris KPU Kabupaten se Sulbar yang Berpilkada, diantaranya :
1. KPU Majene
2. KPU Mamuju
3. KPU Mamuju Tengah dan
4. KPU Pasangkayu sendiri sebagai tuan rumah.

Dalam sambutannya, ketua KPU Pasangkayu, Syahran Ahmad, mengucapkan selamat datang kepada seluruh Peserta Rakoord. Syahran menyampaikan bahwa saat ini KPU Pasangkayu sedang dalam tahapan Verfak calon perseorangan.

“Untuk progres Verfak dapat di pantau & di akses oleh publik melalui website kpupasangkayu.id yang hari ini tanggal 6 juli 2020 sudah menunjukkan mencapai angka 6111 org dari 9608 orang yang akan di verifikasi faktual (Verfak) atau 63,60%.

Ketua Bawaslu Sulbar dalam sambutannya mengatakan, tahapan pencalonan ini adalah tahapan yg paling besar potensi sengketanya. Terkait dengan pencalonan di pilkada ini, diharapkan kepada KPU selalu mengikuti aturan teknis yang ada untuk memaksimalkan koordinasi & transparansi informasi publik, agar masyarakat dapat mengawasi proses ini secara aktif.

Termasuk dokumen calon usungan parpol terutama rekomendasi dari DPP untuk betul-betul dicermati dengan baik. “Sepanjang kita tetap masih pada jalur atau Rell aturan insyaAllah kita pasti akan terhindar dari segala potensi-potensi sengketa.” Kata Ketua Bawaslu Sulbar

Sementara itu, Rustang, ketua KPU Sulbar yang membuka Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Pemilihan Serentak 2020 ini mengatakan, saat ini pasangkayu sedang dalam tahapan Verfak calon perseorangan dimana dari 4 kab. Yg berpilkada hanya Pasangkayu yang mempunyai calon perseorangan. “Masa-masa pencalonan ini mmg sangat rentan dengan sengketa, untuk itu diharapkan agar KPU harus memaksimalkan koordinasi dgn Bawaslu. Utamanya ditiap tahapan ini kita harus tetap konsisten dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.” Jelasnya

Ia juga menekankan, untuk menjaga soliditas antara komisioner & sekretariat dalam tahapan ini agar seluruh tahapan dapat berjalan maksimal.

Kegiatan ini laksanakan selama 2 hari, mulai tgl. 6 sampai dgn 7 Juli 2020.

Yunus

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa