Bambang : Semangat Wagub Sulbar Bantu Petani Sawit Kami Tindaklanjuti

MAMUJU (SULBAR),MEDIARESTORASI — Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Ir. Bambang menyampaikan, semangat dari sosok Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Hj. Enny Anggraeni Anwar untuk membentu petani sawit di daerahnya siap untuk ditindaklanjuti melalui program replanting.

“Sudah sejak lama kami membangun komunikasi dengan pak Anwar sejak menjabat gubernur Sulbar selama 10 tahun dan kini diteruskan Wagub Sulbar yang juga istri dari pak Anwar untuk membantu petani sawit. Prinsipnya kami dari kementerian siap merespon segala usulan untuk kepentingan petani,” kata Dirjen Perkrbunan, Ir. Bambang yang dihubungi via telpon dari Mamuju, Selasa, 30/5.

Menurutnya, pemerintah provinsi Sulbar harus menyiapkan dokumen usulan dari kelompok petani sawit yang akan diberikan bantuan pada program peremejaan kebun sawit.

“Kami menyiapkan anggaran untuk program replanting kebun sawit. Berapa pun kebutuhannya, maka kami siap tindaklanjuti,” kata Alumni IPB Bogor ini.

Karena itu kata dia, para bupati dan dinas terkait untuk bersinergi dalam mewujudkan program peremejaan kebun sawit yang ada di Sulbar.

Program replanting ini ditandai dengan dilaksanakannya Penandatanganan SPK Operasional Optimalisasi Dana Peremajaan Sawit antara Dirjen Perkebunan dengan Dinas Pertanian Sulbar di Hotel Asc Pajajaran Bogor 24 Mei 2018.

Memasuki tahun 2018, BPDP-KS berupaya mendukung program peremajaan sawit petani yang mulai aktif berjalan dari tahun lalu. Tahun ini, kata Bambang, pemerintah menargetkan secara nasional peremajaan sawit seluas 185 ribu hektare.

Khusus Sulbar kl 4.500 ha di kabupaten mateng dan matra. BPDP mengalokasikan dana sebesar Rp 25 juta per hektare bagi petani peserta replanting. (acho)

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa