Albert Aske Iroth Serap Aspirasi Warga Dumoga melalui Reses

BOLMONG, MEDIARESTORASI.COM – Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (BolMong) mulai menyerap aspirasi masyarakat melalui Reses masa sidang 1 Tahun 2020.

Reses di laksanakan, di masing-masing daerah pemilihan (Dapil). Seperti yang dilakukan Anggota DPRD Bolmong, Albert Aske Iroth Asal partai Nasdem. Di daerah pemilihannya di Kecamatan Dumoga Timur, ia menyerap aspirasi masyarakat tani di Desa Pinonobatuan Bersatu di halaman rumah kediamannya.

Albert Aske Iroth yang di dampingi oleh Sekertariat DPRD Kabupaten Bolmong, jumat 21 februari 2020, diselah resesnya mengatakan bahwa, reses merupakan masa penting bagi anggota DPRD, untuk kembali ke dapil, bertemu dan menyerap keluh kesah masyarakat.

“Reses DPRD sejatinya menjadi sarana untuk menjaring aspirasi masyarakat, sekaligus sebagai ajang silahturahmi antar anggota dewan dan konstituennya/warga.” Jelas Albert

Hadir di dalam reses tersebut, Camat Dumoga Timur, Youce Tumalun , Sangadi Pinonobatuan Barat, Relly Palandeng, Sangadi Pinonobatuan Induk, Semuel J Oroh, juga mewakili Sangadi dari Desa Modomang dan seluruh elemen masyarakat dari 3 desa tersebut.

Menurut Albert Aske Iroth, reses yang berlangsung ini adalah untuk mendengarkan harapan masyarakat, menampung aspirasi yang berkembang dari daerah pemilihan (Dapil) yang telah mengantarkan dirinya menjadi wakil rakyat.

“Saya kembali ke Dapail bertemu bapa ibu yang telah mengantar saya menjadi wakil rakyat di bumi Bolaang Mongondow ini.
Reses ini merupakan bagian dari tugas saya sebagai anggota DPRD untuk turun ke Dapil bertemu konstituen dalam rangka menjaring aspirasi dan informasi, lalu menghimpunnya untuk kemudian di salurkan melaui mekanisme yang ada di DPRD.” Jelas Albert Aske Iroth yang biasa di sapa Aske di sambut tepuk tangan riuh oleh warga yang hadir.

Selama Reses berlangsung seluruh masyarakat sangat antusias mengikuti karna ini merupakan momentum yang sangat penting untuk menyalurkan aspirasi atau unek – unek mereka.

Lewat perwakilannya, masing – masing desa menyampaikan usulan dan aspirasinya. Untuk desa Pinonobatuan Barat disampaikan oleh Dani Tulalo, Desa Pinonobatuan Induk oleh Serti Kaligis, serta mewakili tokoh masyarakat adat Desa Pinonobatuan Bersatu Sonny Mamuaya .

Usulan yang di sampaikan oleh keterwakilan desa di rangkum menjadi satu yaitu : – usulan tentang adanya normalisasi sungai Moosi untuk mencegah adanya banjir, infrastruktur jalanjalan desa juga jalan lintasan antara Desa Pinonobatuan menuju Mokintop sampai Pusian, perluasan lahan pertanian , pengadaan pupuk untuk petani menjadikan tambang emas yang ada di Taman Nasional Bogani menjadi pertambangan rakyat yang resmi legalitasnya sesuai areal lokasi yang telah di tentukan.

Memperhatikan dunia pendidikan agar bisa menerima bantuan dana untuk anak-anak yang wajib menerimanya.

Merespon usulan-usulan yang di sampaikan masyarakat, Albert Aske Iroth langsung menjabarkan dan dengan tegas mengatakan, bahwa dia sebagai anggota DPRD yang terpilih dari Dapil Dumoga akan maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Apa yang menjadi usulan atau aspirasi masyarakat akan saya buat laporannya selanjutnya saya teruskan kepada mitra kerja terkait.” Ucapnya.

Lebih tegas Albert Aske Iroth mengatakan bahwa, dia sudah benar – benar berjuang memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat. “Saya akan pasang dada sekalipun harus menghadapi konsukwensi demi kepentingan masyarakat,” ujarnya

Laporan : Jemmi

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum