Lagi Lagi Putra Sulawesi, Presiden Jokowi, Pilih Syahrul Yasin Limpo Sebagai Mentri Pertanian

JAKARTA, Mediarestorasi.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian dalam perkenalan di Istana Kepresidenan Rabu (23/10/2019).

Dia ditetapkan masuk dalam Kabinet Indonesia Maju setelah sebelumnya datang ke Istana mengenakan kemeja putih dan celana hitam Selasa (22/10/2019).

Syahrul Yasin Limpo menuturkan dia mendapat amanat untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia di bidang pertanian.

Sebagai Menteri Pertanian di Kabinet Indonesia Maju Jokowi, Syahrul Yasin Limpo lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 16 Maret 1955. Dia merupakan putra dari mendiang Muhammad Yasin Limpo, tokoh pergerakan Sulawesi Selatan, dengan sang ibu Nurhayati Yasin Limpo.

Kariernya di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dimulai ketika dia diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil pada 1980. Jabatan penting yang pernah dia pegang antara lain Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat II Kabupaten Gowa pada 1991, maupun Kepala Biro Humas Setwilda Tingkat I 1993.

Kiprah politiknya dimulai ketika dia menjadi kader Golkar, dan dipercaya sebagai Bupati Kabupaten Gowa periode 1994 hingga 2002.

Setelah itu dia naik mendampingi Amin Syam sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada 2003 hingga 2008 sebelum menantang Amin.

Bersama pasangannya Agus Arifin Nu’mang, Syahrul Yasin Limpo adalah pemimpin pertama Sulawesi Selatan yang dipilih secara langsung.

Dia mengemban jabatan tersebut selama dua periode, dari 2008 hingga 2018. Adapun sejak 2018, dia berpindah dari Golkar ke Nasdem. Syahrul Yasin Limpo bakal menjadi Menteri Pertanian menggantikan Arman Sulaiman yang juga berasal dari Sulawesi Selatan.

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa