Nyanyian Mawi Buat Deri & Devi Ikut Ditangkap

TANJUNGBALAI, MEDIARESTORASI.COM –
Akibat nyanyian Mawi yang ditangkap personil Tekab Sat Reskrim Polres Tanjung Balai, gara-gara melakukan pencurian di rumah walet, Selasa (26 Mei 2020), Deri dan Devi akhirnya ikut mendekan kedalam tahanan.

Kepada tersangka diduga melanggar Tindak pidana Pencurian dengan Pemberatan tersebut sesuai LAPORAN POLISI NOMOR : LP / 29 / V / 2020 / SU / Res T.Balai / Sek Bandar tanggal 25 Mei 2020.

Personil Tekab Sat Reskrim Polres Tanjung Balai, berhasil menangkap kedua tersangka setelah Mawi Marpaung alias Mawi, 37, Wiraswasta, Jalan Jend.Sudirman LK. I Kel. Gading Kec. Datuk Bandar Kota Tanjung Balai.(Di tahan di Polsek Tanjung Balai Selatan tanggal 18 Mei 2020 menguntungkan bahwa aksi pencurian yang dilakukan itu bersama 2 temannya yakni Deri Zainahardi alias Deri, 25, Wiraswasta, warga jalan S Parman Lk. II Kec.Tanjung Balai Selatan Kota Tanjung Balai dan Devi Kurniawan alias Devi, 39, wiraswasta, beralamat dijalan T Umar Kec.Tanjung Balai selatan Kota Tanjung Balai.

Dari tangan tersangka petugas menyita barang bukti berupa 2 buah gembok yang di rusak oleh pelaku dan 2 unit becak motor yang digunakan pelaku mengangkut hasil kejahatan.

Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH melalui Kapolsek TBS Kompol Sendiman Purba didampingi Kapolsek Datuk Bandar AKP Dedi Endrayadi dan Kanit Reskrim Polsek TBS IPTU Robinson Saragih SH serta Kasubbag Humas IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan, Rabu (27/5) di ruang kerjanya membenarkan adanya penangkapan itu.

Dikatakannya, kejadian pencurian dan pemberatan terjadi pada lingkungan / didalam rumah walet yang terlerak di jalan. Jend Sudirman Kec. Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, yang saat itu hendak mengambil mobil di rumah walet tersebut.

Namun kata IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan, bukan main terkejutnya pelapor melihat gembok pintu rumah walet sebelah depan sudah rusak dan memeriksa barang yang ada di tempat tersebut, ternyata ada beberapa barang yang hilang dari lingkungan rumah walet itu, seperti tabung gas elpiji 3 kilo, baterai truk dan lain sebagainya.

IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan menambahkan, Atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian Rp.10.000.000 dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Datuk Bandar Polres Tanjung Balai sesuai dengan Laporan Polisi tersebut.

Lanjut IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan, Personil Tekab Polres Tanjung Balai yang mendapat laporan segera bertindak dan melakukan penyelidikan bahwa yang melakukan pencurian tersebut sesuai LP tersebut di atas adalah Mawi Marpaung alias Mawi yang sudah diamankan di Polsek Tanjung Balai Selatan.

Lalu Personil TEKAB Sat Reskrim berkordinasi dengan Polsek Tanjung Balai Selatan untuk melakukan introgasi kepada tersangka Mawi Marpaung alias Mawi dan nyanyi dengan menerangkan bahwa melakukan pencurian tersebut bersama-sama dengan dua orang temannya yaitu Devi Kurniawan alias Devi dan Deri Zainahardi alias Deri.

Hasil dari penyelidikan didapatkan informasi bahwa TSK Devi Kurniawan alias Devi berada di jalan T.Umar dan sekira pkl.21.00 Wib personil TEKAB Sat Reskrim berhasil melakukan penangkapan terhadapnya.

Selanjutnya melakukan penyelidikan dan pengembangan serta mengetahui bahwa TSK Deri Zainahardi alias Deri berada di jalan S Parman, alhasil personil TEKAB Sat Reskrim berhasil mengamankan dan melakukan penangkapan terhadap dan menggiring tersangka berikut barang bukti ke Polres Tanjung Balai, guna penyidikan intenaif, Pungkas Kasubbag Humas Polres Tanjung Balai IPTU Ahmad Dahlan Panjaitan menutup.

 

(Ambon)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum