Polres Sintang Kembali Amankan Pelaku Karhutla

SINTANG (KALBAR), Mediarestorasi.com – Kembali Sat Reskrim Polres Sintang amankan warga berinisial M (66), diduga pelaku Pembakaran Hutan Sintang Kalbar. Peristiwa kebakaran lahan terjadi pada hari Selasa tanggal 13 agustus 2019 pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan laporan Polisi dengan Nomor LP/127/VIII/Res.1.13/2019/kalbar/res.stg/Reskrim tanggal 12 Agustus 2019 tentang Tindak pidana Pembakaran Lahan dan Hutan. Sat Reskrim Polres Sintang bergerak cepat mengejar pelaku.

Persiwa kebakaran terjadi di Dusun Sengkuang Kebiau, Desa Empaka Kebiau Raya, Kec. Binjai Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Pelaku M (66) yang beralamat di Desa Sengkuang Kebiau, Desa Empaka Kebiau Raya Kecamantan Binjai Hulu Kabupaten Sintang, diduga melakukan pembakaran lahan miliknya yang kemudian merembet ke tempat lain sehingga mengakibatkan kebakaran hebat terjadi.

Awalnya Terduga melakukan pembakaran lahan miliknya dengan pertama-tama menyemprotkan air keliling batas lahan yang akan dibakar. Setelah batasnya disemprot, selanjutnya M mulai menghidupkan api dengan cara membakar satu batang bambu kering dengan api setelah itu api dari bambu tersebut di sulutkan ketumbuhan yang sudah kering pada beberapa titik hingga lahan tersebut terbakar.

Selanjutnya Untuk memadamkan api M dibantu oleh anggota perusahan sampai api tersebut padam, dan setelah api tersebut padam M tidak langsung pulang kerumah melainkan masih berjaga – jaga agar api tidak merembet ke kebun kelapa sawit milik PT. ASL berbatasan dengan lahan milik M dengan tujuan melihat apakah hidup kembali atau tidak, karena api tidak hidup lagi kemudian M pulang ke pondok kebun miliknya sekitar pukul 18.30 wib.

Pelaku diduga melakukan Pelanggaran Tindak Pidana Karhutla. Barang bukti yang diamankan dari tangan pelaku yakni, potongan sisa kayu kebakaran, dan abu sisa kebakaran diambil dari TKP. Melalui tidak lanjut Guna menempuh proses hukum pihak kepolisian berkoordinasi dengan JPU dan BMKG Provinsi Kalbar.

Pelaku disangkakan Pasal 108 Jo pasal 69 ayat (1) Huruf H UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan atau Setiap Pelaku Usaha Perkebunan yang dibuka dan / atau mengolah lahan dengan cara yang disetujui sesuai dengan ketentuan Pasal 108 Jo Pasal 56 ayat (1) UU RI No. 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan dengan Ancaman Hukuman Tindak Pidana Lingkungan. (CBH)

Bagikan:

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa