Awal Desember Jelang Nataru, Petasan Mulai Ramai Dijual

SUMUT, MEDIARESTORASI.COM – Seperti di tahun-tahun sebelumnya, setiap awal bulan Desember, di sejumlah kota di wilayah Sumatera Utara sudah mulai ditemukan petasan yang dijajakan para pedagang.

Seperti yang terlihat, di sudut Kota Porsea, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara pada Sabtu (7/12/2019), dimana beberapa warga setempat sudah mulai menjajakan petasan dengan berbagai ukuran dan harga bervariasi.

S. Siregar, warga setempat kepada media mengaku dirinya dan beberapa pedagang lainnya sudah melakukan hal yang sama setiap awal bulan Desember, menjual petasan di awal bulan Desember.

“Menjelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) seperti ini, banyak warga sudah mulai membunyikan petasan,” terang S Siregar.

Masih kata Siregar, harga petasan yang paling murah yakni seharga dua ribu rupiah, sedangkan yang paling mahal yakni seharga enam ratus ribu rupiah. “Semua petasan ini kita beli dari Medan,” jelasnya.

Sementara itu, Makmur Sinambela, warga Siantar Narumonda saat ditemui di salah satu lapak pedagang petasan, mengaku senang bila sudah memasuki awal desember.

“Saya sengaja datang kemari mau beli mercon, ini kan malam minggu, jadi gak apa memasang petasan, apalagi sekarang kan menjelang natal dan tahun baru,” terang Makmur. (MARS / Makmur Sinambela)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum