Warga Desa Salama’ Cegah Sebaran Corona Intens 1×24 Jam di Posko

SULSEL (LUTRA), Mediarestorasi.com – Untuk mencegah sebaran virus yang mendunia dan menakutkan, warga Desa Salama’ Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), intens di posko pintu masuk Desa mereka dan memasang palang di jalan sehingga kendaraan tidak bisa bebas masuk.

Koordinator Lapangan Posko Covid-19 Desa Salama’, Budi Abadi Daling, melalui via jejaring WhatsApp Sabtu (23/5/2020) mengatakan, relawan pemuda dan warga setiap Dusun dan masyarakat dirolling/sief pagi 5 orang malam 5 orang secara bergotongroyong mencegah Covid-19 masuk di Desa Salama dengan cara piket 1×24 jam secara bergiliran mendata pemudik dari daerah lain.

Dikatakan, relawan yang bertugas di posko melakukan penjagaan secara ketat, setiap orang yang ingin masuk desa tersebut di data dan kendaraannya pun harus disemprot.

Budi Abadi Daling menjelaskan juga bahwa, setiap pendatang/pemudik, diperiksa KTP dan menanyakan tujuannya ke daerah tersebut, termasuk orang yang akan ditemuinya.

Sementara itu Kepala Desa Salama’ Haeruddin Rasyid mengatakan, posko itu sebagai bentuk antisipasi untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona agar masyarakat terhindar dari penyebaran virus tersebut.

Langkah lain yang dilakukan pemerintah desa menurut Haeruddin Rasyid adalah, mengedukasi warga sambil membagikan masker kepada semua kepala keluarga.

Sementara pula Babinsa Desa Salama’, Serma A. Henry Panodji mengapresiasi warga binaannya dalam hal memutus rantai sebararan virus corona masuk desanya, karena itulah warga Desa Salama’ bergotongroyong siang malam di Posko utama Desa.

Sekadar diketahui tambah Kades Salama’ bahwa, penerima bantuan sosial selama masa pandemi di Desa Salama’ yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Lutra, Jumat (22/5/2020) kemarin, yakni BLTDes 70 KK.

Hadir dalam penyerahan itu Ketua DPRD Lutra Basir Kepala Dinas PMD Misbah, Camat Sabbang Sitti Kidar, Kapolsek Sabbang Iptu Junaidi, anggota BPD dan tokoh masyarakat.

“Dan untuk penerima bantuan sosial corona dari BST Kementerian Sosial RI 32 KK, PST 40 KK, PKH dan BPNT 122 KK,” pungkas Kades Salama’.

(yus)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum