Operasi Patuh 2019 Digelar Serentak se Indonesia Selama 14 Hari

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Operasi Patuh akan digelar serentak oleh Korps Lalu Lintas Polri di seluruh wilayah Indonesia, selama 14 hari mulai pada 29 Agustus sampai 11 September 2019.

Operasi ini dilakukan dalam rangka menciptakan kondisi lalu lintas yang kondusif dan aman. Menurut Kasat Lantas Polres Luwu Utara, AKP Mustari, SH, operasi patuh ini akan dilaksanakan mulai 29 Agustus hingga 11 September 2019. “Tepat 14 hari operasi ini akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia,” ujar Kasatlantas AKP Mustari, SH, Sabtu (24/8/2019).

Lanjut Mustari, Operasi patuh ini akan digelar juga di wilayah hukum Satlantas Polres Lutra, untuk menekan jumlah angka kecelakaan, baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Sebelum operasi patuh kami memerintahkan jajaran untuk mengedepankan penegakan hukum represif berupa bukti pelanggaran (tilang), terutama bagi para pelanggar lalu lintas yang berpotensi kecelakaan.” Jelasnya

Yang ditindak itu lanjut dia, pelanggaran yang berpotensi kecelakaan. Petugas akan melakukan tindakan represif, berupa penilangan terukur tanpa mengesampingkan tindakan preventif. Kedepankan sikap humanis, lakukan 3S, senyum, sapa, salam,” Terangnya.

Beberapa jenis pelanggaran yang akan ditindak dalam Operasi Patuh 2019, di antaranya kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan, pelanggaran rambu lalu lintas dan marka jalan, melawan arus, tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak menyalakan lampu di malam hari, tidak menggunakan helm bagi pengendara motor, dan menaikkan atau menurunkan penumpang di sembarang tempat.

Bagi para pengendara, diimbau untuk melengkapi surat-surat kendaraan dan berkendaralah secara aman

Kasatlantas, AKP Mustari juga menjelaskan kepada media ini, bahwa tujuan operasi patuh dilakukan yakni untuk terwujudnya kesadaran disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Menurunkan angka kecelakaan, menurunkan fatalitas kecelakaan, terciptanya kerja sama yang baik antar instansi terkait dan terwujudnya keamanan, keselammatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Termasuk meningkatkan disiplin anggota polantas, serta terwujudnya pelayanan kepolisian yang bersih dan bebas KKN. (yus)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum