KLHK Akan Selenggarakan Perhutsos di Bumi Lamaranginang

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia bersama GenPI akan Kokreasi Perhutanan Sosial(Perhutsos) di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yang berjuluk Bumi Lamaranginang, Sulawesi-Selatan (Sulsel).

Kegiatan ini meliputi, pesona goes ti School, pelatihan fasilitasi perhutanan sosial(farmer to farmer mentoring), pameran produk perhutanan sosial dan ngobrol pintar(ngopi).

Hal tersebut dikemukakan Sekda Luwu Utara, Tafsil Saleh Sekda Lutra pada media ini, Rabu(6/11), bahwa kemarin di ruang Command Center Kantor Bupati Lutra dimana Tuti Herawati selaku Kasubdit Hutan Kemasyarakatan Kementerian LHK menjelaskan bahwa Kokreasi adalah sebuah kegiatan yang mengedepankan kerjasama untuk kesejahteraan rakyat. Ko itu artinya Kolaborasi, sementara Kreasi itu bermakna mengembangkan,” jelas Tafsil Saleh meniru ucapan Tuti Herawati dalam diskusi kemarin,Selasa(5/11).

Sekda Lutra juga membuka pertemyan dengan para petani, Penyuluh Kehutanan, para Camat dan para Kepala Desa untuk mengimbau pihak-pihak yang terlibat, agar bisa saling bersinergi dan berkolaborasi demi suksesnya Perhutsos ini.

” Inti dari kegiatan Perhutsos yaitu Kokreasi Perhutanan sosial ini terletak pada aspek kolaborasinya. Bagaimana pemerintah pusat, pemerintah daerah dan segenap elemen masyarakat lainnya bisa saling mendukung dan bekerjasama dalam menyukseskan Perhutanan Sosial di Bumi Lamaranginang ini,” tutur Tafsil Saleh.

Sekda Lutra menambahkan, selain sebagai sarana pembinaan masyarakat melalui kampanye dan pendidikan lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat pada aspek pelestarian hutan, perbaikan lingkungan hidup dan peningkatan nilai ekonomi yang dihasilkan dari pengelolaan sumber daya alam dalam berbagai produk yang ramah lingkungan.

Pada kegiatan pameran produk perhutsos yang akan dipysatkan di Taman Siswa(Tamsis) Masamba selama tiga hari yang mana dimulai besok Kamis(7/11). Juga akan ditampilkan visualisasi prestasi dan kinerja pengelolaan lingkungan hidup dan pelestarian hutan, program pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan, regulasi dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan, serta prestasi penegakan hukum di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Sekadar diketahui besok itu kegiatan pesona goes ti school di tiga sekolah menengah di Masamba ibukota Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang yakni di SMA Neg 1 Lutra, SMAN 8 Lutra dan MAN Masamba. Dan selanjutnya pelatihan fasilitasi perhutsos di Aula Lagaligo kantor Bupati Luwu Utara.

Pada puncak acara tersebut adalah Ngobrol Pintar(Ngopi), dan akan diisi kegiatan talkshow, Soft-Launching e-learning belajar Hutsos, dan launching rumah kokreasi serta akan ditutup dengan penyerahan SK Akses legal perhutanan sosial. (yus).

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum