HUT Ke-62 Tator & Hari Jadi ke-772, di Gelar Minum Kopi dari Tempurung, Diikuti 5.195 Peserta

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Sekertaris Daerah (Sekda) Luwu Utara (Lutra), Sulawesi-Selatan (Sulsel), Tafsil Saleh menghadiri perayaan HUT ke-62 Kabupaten Tana-Toraja (Tator) dan Hari Jadi ke-772 Toraja.

Kegiatan ini dilaksanakan di plaza kolam Makale, Sabtu (31/8/2019), tampak hadir Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, memimpin prosesi meminum kopi serentak menggunakan tempurung kelapa(kararo), dengan pesertanya 5.195 dari sebelumnya berjumlah 4.000 peserta.

“Hal ini disampaikan Sekda Lutra, Tafsil pada media ini disela-sela acara bahwa yang patut ditiru dan dicontoh di Tana Toraja yakni Budaya Gotong Royong yang masih melengket di orang-orang Toraja, bukan saja disini tapi di tempat-tempat lain di luar Kabupaten Tator, seperti di Luwu Utara,” ucap Tafsil Saleh.

Ada yang menarik lagi, selain minum kopi dengan peserta terbanyak, juga dilakukan lelang sembilan jenis Kopi Toraja yang juga dilakukan untuk memecahkan Rekor MURI dengan peserta terbanyak.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT Tana Toraja, Bonifasius Paundanan, mengatakan peringatan Hari Jadi Tana Toraja dan Toraja kali ini, mengangkat tema Budaya Toraja Perekat Bangsa. Dengan misi, menyerukan persatuan di tengah kejadian di Tanah Papua.

“Melalui ini, orang Toraja mengajak kita untuk mengurai kebekuan, merajut kebersamaan dengan menjunjung tinggi satu Toraja, satu Indonesia, satu Bangsa dan Pancasila,” ujar Bonifasius. (yus)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum