Hari Jadi Desa Mekar Jaya ke-39, Ajak Warga Ramaikan Lomba Kebersihan

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Ada yang berbeda di Desa lain, Di Desa Mekar Jaya Kecamatan Mappedeceng, Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel), di Hari Jadi Desa Mekar Jaya ke-39 pada 20 Agustus 2019, Desa ini mengajak masyarakatnya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan berguna.

Hal ini disampaikan Kepala Pemerintahan Kecamatan Mappedeceng Kadri Tasran pada media ini, Senin (20/8/2019) sore bahwa di Desa Mekar Jaya mdngadakan lomba senam, toga, kebersihan lingkungan setiap dusun, voliball dan beberapa kegiatan yang dilakukan juga pemuda-pemudi Desa.

L

” Kegiatan Hari Jadi Desa Mekar Jaya, yang menjadi tim Juri Ketua TP PKK Kecamatan Mappedeceng, Sariana Kadri, Tim Puskesmas, bersama ibu-ibu PKK dan ada 12 Dasa Wisma yang dilombakan dan 15 item kegiatan para oemuda-pemudi desa,” tutur Camat Mappedeceng Kadri Tasran.

Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Mappedeceng mengatakan, lomba bersih lingkungan antar dusun, antar dasa wisma dimaksudkan untuk mengajak masyarakat  melestarikan dan menjaga kesehatan lingkungan hidup sehingga tercipta budaya bersih serta sehat.

“Dengan event bersih desa ini juga membersihkan fisik maupun bathin. Secara fisik, lingkungan menjadi bersih dan sehat, Sedangkan bathin kita membersihkan diri dari niat yang jahat,” jelas Sariana.

Lomba kebersihan ini juga untuk menanamkan pendidikan kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Inovasi pengelolaan lingkungan itu adalah kreativitas. Di sini masyarakat bebas berkreasi melalui penanaman sayur-sayuran atau tanaman lain semacam tanaman obat untuk keluarga,” paparnya.

Perlu diketahui, lomba kebersihan lingkungan ini adalah salah satu rangkaian acara bersih desa.

Pemerintah desa berharap, bersih desa ini mampu mengangkat budaya dan membangkitkan ekonomi kerakyatan serta gotong royong warga masyarakat Desa Mekar Jaya. (yus)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum