Camat Memediasi Rencana Tambang Galian C di Sungai Tarra Tallu

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Pemerintah Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi-Selatan (Sulsel) memfasilitasi mediasi untuk mencari titik temu, rencana pembukaan lahan tambang galuan C di Desa Tarra Tallu, atas nama Arwan Rustam.

Hadir dalam mediasi di Kantor Kecamatan Mappedeceng yakni Danramil Masamba-Mappedeceng-Rampi Kapten CZI Waskito, Kapolsek Mappedeceng Aiptu Junaidi, Kepala Desa Tarra Tallu, masyarakat yang berdampak tambang galian C dan pegawai staf Kecamatan Mappedeceng.

Camat Mappedeceng, Kadri Tasran pada media ini, Jumat(23/8/2019) sore menyatakan, Pemerintah Kecamatan  terbuka terhadap investasi asalkan seluruh prasyarat terpenuhi. Namun, diakui izin pertambangan galian C berada di tangan pemerintah daerah dan Dinas Lingkungan Hidup untuk amdalnya, sementara Pemerintah Kecamatan hanya berwenang menunggu para pemohon memenuhi persyaratannya.

“Kalau tidak clear akan diklarifikasi lagi, apa yang menjadi kendala,” tuturnya.

Sementara itu Danramil CZI Waskito dalam arahannya menyampaikan, perlu melakukan tahapsn sebelum melakukan produksi, kemudian memperhatikan dampak sosialnya yang terjadi pada warga disekitar, dapat diyakini mereka setuju, namun sebagian masyarakat khawatir tamvang galian C di desa mereka akan mengakibatkan dampak negatif pada lingkungan sekitarnya.

“Juga Kapolsek Mappedeceng Aiptu Junaidi berpendapat sebelum rencana tambang galian C milik Arwan Rustam beroperasi, maka jangan melaksanakan kegiatan sebelum ada kelengkapan Izin dari pemda dan Dinas Lingkungan Hidup yang mana dipersyaratkan,” tegas Kapolsek.

Adapun izin lingkungan itu diajukan untuk melengkapi persyaratan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). (yus)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum