Bumi Lamaranginang Success Adakan Lomba Masamba Culture Carnaval

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Beragam atraksi Kebudayaan Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yang dikenal juga Indonesia mini, Sulawesi-Selatan (Sulsel) menyemarakkan Carnaval Kemerdekaan RI ke-74.

HUT KE-74 Kemerdekaan Republik Indonesi (RI) dengan thema ” SDM Unggul Indonesia Maju”. Carnaval ini melibatkan delapan kelompok peserta yang terdiri dari 15 Kecamatan, SMAN/SMKN sederajat serta Sanggar Seni yang di Bumi Lamaranginang dalam memperebutkan piala bergilur Bupati Cup.

Carnaval ini dalam menyemarakkan Kemerdekaan Indonesia dari penjajah, dan serta memperkenalkan budaya-budaya serta pariwisata yang ada di Kabupaten Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang.

Kepala Dinas Parawisata & Kebudayaan Lutra Yasir Taba mengharapkan kegiatan seperti ini yang mana mengedepankan kearifan lokal untuk sesering diadakan terkhusus kepada pemuda pemudi yang ada di Lutra.

Sementara Jumal Jayair Lussa, asisten Pemerintahan dan Kesra, yang juga mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga mewakili Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, kegiatan Carnacal Culture Masamba ini, jangan hanya berhenti dan kedepannya kegiatan ini dibuat lebih besar lagi melibatkan budaya-budaya yang ada di Bumi Lamaranginang, supaya nilsi budaya dan tradisional bisa kita jaga dan dilestarikan, karena kita Lutea beraneka adat dan budaya disini, sehingga Lutra dikenal Indonesia mini.

” Kedepannya diharapkan kerjasama yng kuat antara para Camat untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas keikut sertaan dalam kegiatan seoerti ini untuk juga mempromosikan dan melestarikan nilai budaya lokal di Bumi Lamaranginang ini,” terang Jumal J Lussa.

” Luwu Utara dikenal sebagai Indobesia mini dan kaya denfan seni, budayavdan parawisatanya, hanya belum dikelolah secara modern dan sebagai kota yang beraneka adat, budaya, suku,” tutur Yasir Taba pada media ini, Jumat(16/8/2019).

” Di tempat terpisah Jumail Mappile Ketua Panitia HUT KE-74 Kemerdekaan Indonesia 2019, mengatakan Carnaval Kemerdekaan kali ini menampilkan budaya tradisional maupun kontemporer, akan mengekspresikan olah kreatif dari thema SDM Unggul Indonesia Maju, sehingfa banyak-banyak pemuda-pemudi yang ikut Carnaval ini,” ujarnya.(yustus)

Bagikan:

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa