Anggota KPU Lutra Pesimis Partisipasi Pemilih Tak Bisa Capai Target, Pemilih Ragu Datang Mencoblos

SULSEL (LUTRA), Mediarestorasi.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bakal digelar di tengah pandemi covid-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara (Lutra) kwatir tidak bisa mencapai target partisipasi pemilih di Bumi Lamaranginang, yaitu sebesar 78%.

” Hal ini memang menjadi bahan perbincangan dan diskusi-diskusi lepas dengan beberapa warga dan target ini sukar mau dicapai karena faktor takut, ragu pemilih datang di setiap TPS,” ucap anggota komisioner KPU divisi Hukum dan Pengawasan Syabil pada media ini, Jumat (5/6/2020) malam.

Syabil memprediksi atau was was, jika Pilkada digelar di tengah masa pandemi covid-19, akan berpengaruh pula pada banyak hal seperti partisipadi pemilih. Debab kondisi ini membuat pemilih akan takut dan ragu datang ke TPS mencoblos atau memberikan hak pilihnya.

” Menurutnya, dalam proses pelaksanaan Pilkada ini akan berpengaruh pada proses partisipasi pemilih,” tutur Syabil.

Anggota komisioner KPU Lutra, divisi Hukum dan Pengawasan menambahkan, memang ada Negara yang sukses menaikkan partisipasi pemilihnya ditengah covid-19 seperti, Korea Selatan, tapi mengeluarkan anggaran yang sangat besar.

Namun demikian KPU Lutra akan tetap berupaya untuk berusaha semampu mungkin menaikkan partisipasi pemilih hingga mencapai target 78%.

” Kita tetap berupaya dan berusaha sebagai penyelenggara pemilu untuk mengajak masyarakat datang ke TPS, untuk memastikan dirinya terdaftar didalam data pemilih dan ikut berpartisipasi,” tukas Syabil.

(yus)

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa