22 Kantong Darah Terkumpul di Rangkaian HBA ke-59, dan HUT IAD XIX Deteksi Dini Kanker Serviks Lewat Tes IVA

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com -Kejaksaan Negeri Luwu Utara (Lutra) dan IAD (Ikatan Adhyaksa Dharmakarini) Lutra, Jumat (19/7/2019) menggelar acara donor darah dan deteksi dini kanker serviks lewat tes IVA (inspeksi visual asam asetat) di halaman Kantor Kejari Lutra.

Menurut Kajari Lutra, Indawan Kuswadi, SH, MH bahwa, kegiatan donor darah itu sekaligus dalam rangka kegiatan menyambut HBA (Hari Bhakti Adhyaksa) atau HUT ke-59 Kejaksaan yang puncaknya pada 22 Juli 2019 mendatang, serta HUT XIX IAD (Ikatan Adhyaksa Dharmakarini) Luwu Utara.

“Kejari Lutra, Indawan Kuswadi mengatakan pada media ini (19/7) bahwa, donor darah selain bermanfaat bagi kesehatan, darah yang kita donorkan juga sangat berharga bagi orang yang sangat membutuhkan,” ucapnya.

Acara donor darah diikuti oleh ibu-ibu IAD, para jaksa dan pegawai serta honorer di lingkungan kerja Kejari Lutra. Khusus untuk tes IVA, tidak seperti pap smear yang mungkin lebih dikenal, tes IVA (inspeksi visual asam asetat) adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama. Jika dibandingkan dengan pap smear, tes IVA cenderung lebih murah karena pemeriksaan dan hasil diolah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium.

“Tes IVA disarankan kepada ibu-ibu yang sudah menikah bukan kepada wanita yang belum menikah. Hasilnya nanti akan kita rahasiakan, hanya dokter dan pasien yang diberitahu hasilnya,” ujar Indawan Kuswadi.

Rangkaian kegiatan menyambut HBA yang ke-59 tanggal 22 Juli 2019 puncaknya dan HUT IAD yang ke-19 jatuh pada 16 Juli 2019 lalu.

Untuk diketahui pada donor darah terkumpul 22 kantong dan 16 orang tak bisa didonor karena HB rendah dan tekanan darah rendah. (yus)

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa