150 Orang Veteran Ramah Tamah Dengan Bupati Lutra di Hari Pahlawan

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Veteran merupakan para pejuang yang berperan secara aktif membela Negara Republik Indonesia melawan penjajah dengan sekuat tenaga dengan satu tujuan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hak itu diungkapkan Bupati Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel), Indah Putri Indriani pada wadah bertatap muka dengan para pejuang Veteran dalam ramah tamah di Kantor Veteran Jl Sultan Hasanuddin, Masamba, Minggu(10/11).

“Sebagai Bangsa yang berbudaya dan telah menikmati Kemerdekaan dan hasil pembangunan, sudah selayaknya memberikan penghormatan atas jasa-jasa pejuang perintis kemerdekaan ini, dengan cara ikut mengambil bagian mewujudkan cita-cita proklamasi dan mengisi kemerdekaan,” ucap Indah panggilan akrabnya.

Pemerintah Kabupaten Lutra mengadakan acara ramah tamah bersama para Legiun Veteran sebagai tanda untuk berjuang mengisi Kemerdekaan dengan cara kita sendiri, tapi apa yang kita lakukan belum sepadan dengan apa yang dilakukan oleh para pejuang. Olehnya itu sebagai generasi yang bisa membuat para pejuang bangga dengan terus berkarya, berbuat untuk daerah dan Negara ini.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Lutra, Basir, Ketua Pengadilan Negeri Oki B Rahmat, para pimpinan OPD, dan kurang lebih 50 Veteran, janda pahlawan Veteran, dan para tamu undangan lainya.

Pada kesempatan acara ramah tamah tersebut, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengajak kepada seluruh pimpinan OPD, dan tamu undangan, masyarakat khususnya generasi muda untuk menjadikan semangat para Veteran sebagai sumber inspirasi. “Tanpa jasa dan perjuangan para pahlawan, belum tentu kita dapat menikmati hasil pembangunan seperti saat ini,” tutur Bupati.perempuan pertama di Sulsel.

Menjadikan para perintis kemerdekaan sebagai sumber inspirasi dan contoh teladan, karena mampu membela Negara dengan mengorbankan jiwa dan raga bahkan keluarga maupun segala hal yang dimilikinya hanya untuk satu Idealisme yakni mempertahankan NKRI.

“Kita harus menumbuhkan idealisme kebangsaan yang kuat pada diri dan generasi muda. Kalau tidak, maka negara akan terpecah belah,” tambahnya.

Sementara itu juga Sekretaris Legiun Veteran Republik Indonesia(LVRI) Lutra, Rusli Konai menyampaikan terima kasih atas inisiasi Pemerintah Kabupaten Lutra dalam hal ini Ibu Bupati, karena tahun ini kami keluarga besar Veteran di Kabupaten ini merasa sangat istimewa, karena baru pertama kali ini kami dibuatkan sebuah wadah pertemuan seperti ini,” tutur Rusli di sambutannya, seraya menambahkan kami Veteran dan Pemda harus bersatu padu dalam menjalankan tugas Negara dengan tetap menjalin semangat rasa cinta tanah air serta mendukung agar, NKRI tetap utuh dan menjadi Bangsa yang lebih baik. Paling penting, kita harus tanamkan jiwa patriotisme jangan termakan isu dan fitnah yang membuat negara terpecah belah.(yustus)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum