1100 Sekwan Workshop Tupoksi se Indonesia

SULSE L(LUTRA), Mediarestorasi.com – Sebanyak 1.100 peserta dari Sekretariat DPRD (Setwan) Kabupaten/Kota, Provinsi se Indonesia untuk Workshop Nasional dalam penyusunan rencana kerja Sekretariat DPRD, di Bandung, hotel El-Royale Jalan Merdeka, dari tanggal 13 sampai 15 Maret 2020.

Hal ini sesuai dan berdasarkan Permendagri No.90 Tahun 2019 serta Teknis Dan Mekanisme Tata Laksana Persidangan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dewan(Sekwan) DPRD Luwu Utara(Lutra) Drs H.Aspar melalui Staf Sub Bagian Humas DPRD, Melkyanus pada wartawan media ini, Minggu(15/3/2020) pagi.

H.Aspar menyampaikan bahwa yang membuka kegiatan Workshop 1.100 peserta se Indonesia yakni, Walikota Bandung, Oded M. Danial, berharap dengan kegiatan tersebut para Setwan se-Indonesia bisa menyatukan persepsi dengan Tugas Pokok Fungsi (Tupoksi) melayani DPRD di masing-masing Kabupaten/Kota dan Provinsi.

“Kegiatan ini terkait dengan tugas-tugas bagaimana membuat harmonisasi hubungan antara Eksekutif dan Legislatif. Termasuk di dalamnya menyatukan persepsi, tupoksi dari Sekretaris DPRD dalam memfasilitasi pelayanan Legislatif,” katanya usai memberikan sambutan pada Workshop Nasional.

“ Yang terpenting adalah bagaimana menyatukan, memfasilitasi komunikasi antara eksekutif dan legislatif. Karena Setwan secara struktural ada di eksekutif tetapi bekerja membantu Legislatif,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Asdeksi Lutra H.Aspar mengatakan, kegiatan tersebut sangat penting untuk menyatukan sikap dan langkah Setwan beserta jajaran stafnya. Hal itu karena beberapa regulasi yang bermunculan begitu cepat.

“Kita ketahui regulasi-regulasi yang ada selalu bermunculan dari Perpres 33, PP 12 tahun 2019 pengganti PP 58 tahun 2015 yang sekarang ditindaklanjuti di Permendagri 90 Tahun 2019 tentang nomenklatur, tetapi banyak hal yang harus kita klarifikasi,” sambungnya.

“Sebentar lagi kita juga akan menyusun Rencana Kerja tahun 2021, dengan pertemuan dan narasumber yang hadir di workshop tersebutada kesempatan bagi kita untuk pedomani ke depannya,”jelasnya.

Untuk para peserta ini menandakan bahwa solidaritas kebersamaan Sekwan dari Sabang sampai Merauke menunjukkan persatuan yang diperlukan dalam rangka menjalin kebersamaan kita,” pungkas H.Aspar.

(yus)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum