Tekan Pelanggar Lalu Lintas, Sat Lantas Polres Mamuju Utara Lakukan Razia Melalui Hunting System

PASANGKAYU, MEDIARETORASI.COM – Satuan Lalu lintas Polres Mamuju Utara menerapkan razia kendaraan bermotor dengan sistem hunting guna menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Mamuju Utara. Selasa Siang (20/8/2019).

Menurut Ps. Kasat Lantas Polres Mamuju Utara Iptu Muhammad Nur SH, melalui Kanit Turjawali Ipda Mustamir SH mengatakan ” Sistem hunting merupakan upaya petugas untuk menindak pelanggar yang kasat mata melakukan pelanggaran dan pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

“Adapun pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan antara lain tidak menggunakan Road Safety dan Pelanggaran yang Kasat Mata antara lain Pajak Kendaraan yang Mati Pajak.” Jelasnya

Ipda Mustamir SH juga menambahkan ” Petugas melakukan razia dengan sistem hunting di beberapa titik tertentu diwilayah Hukum Polres Mamuju Utara Kab.Pasangkayu. Sistem hunting sendiri berbeda dengan sistem stasioner atau penindakan di tempat. Sistem hunting bersifat insidentil. Petugas tak terus-terusan berada di tempat tersebut, namun sembari patroli. Kapanpun ada pelanggaran, petugas akan langsung melakukan penindakan,” Paparnya.

Menurut catatan petugas Sat Lantas Polres Pasangkayu bahwa jumlah pelanggaran yang ditindak oleh petugas meningkat drastis jika dibandingkan dengan pelanggaran tilang ditahun sebelumnya.

Melalui aksi hunting pihaknya memberikan teguran dan edukasi, termasuk penindakan tilang kepada masyarakat dan pengendara yang ditemukan terbukti melanggar peraturan lalu lintas.

“Kami ingin terapkan kondisi masyarakat yang tertib berlalu lintas. Sesuai pedoman Menuju Indonesia Tertib, kami juga himbau semua pengendara agar selalu memperhatikan keselamatan di jalan raya, tidak ugal-ugalan dan tidak melanggar rambu-rambu yang ada, Agar selalu taat membayar Pajak dan Selalu menggunakan safety Road setiap mengendarai kendaraan. Pungkasnya.

Kegiatan patroli kali ini dilaksanakan di kawasan tertib lalulintas kota Pasangkayu dan berhasil melakukan penindakan terhadap 7 pelanggaran perioritas Road Safety Nasional. Disamping itu, juga dilakukan dialogis dan himbauan terhadap pengguna jalan disepanjang rute Patroli. (Yunus)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum