SMP ASTRA Makmur Jaya Gelar PKBR

PASANGKAYU, MEDIARESTORASI.COM – SMP Astra Makmur Jaya (AMJ) Menggelar program PKBR (Penyiapan Kehidupan berkeluarga bagi Remaja) sekolah Astra binaan PT Letawa, perusahaan industry perkebunan kelapa sawit di wilayah kabupaten pasangkayu yang merupakan anak perusahan PT ASTRA AGRO LESTARI Tbk, (AAL) Grup Area Celebes 1 (C1)

Kegiatan dilaksanakan di Aula SMP Astra, Desa Makmu Jaya, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (sulbar), Sabtu, (14/12/2019.

Sosialisasi PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), adalah suatu organisasi sekolah yang bergerak di bidang kesehatan remaja. Wadah kegiatan ini merupakan program PKBR yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan Konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja.

Kegiatan ini didampingi oleh pembina PIK-R sekolah, Dwi Dara Septi Putriani, dan seluruh siswa SMP Astra Makmur Jaya, dengan tajuk “Menuju Remaja Genre Sehat dan Cerdas”

Kegiatan ini, di isi dengan materi kenakalan remaja dari sisi kesehatan dan sisi hukum. Program sosialisasi yang dilaksanakan oleh PIK-R Serasi sekolah, kegiatan itu dilaksanakan selama tiga minggu berturut-turut sesuai jenjang kelasnya.

Sosialisasi dilaksanaka untuk memfasilitasi terwujudnya Tegar Remaja, yaitu Remaja yang berprilaku sehat, terhindar dari resiko TRIAD KRR (Sexualitas, Napza, HIV dan AIDS), menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, sertamenjadi contoh, model, idola, dan sumber informasi bagi teman sebayanya.

Dua Materi yang di Sosialisasikan setiap minggunya oleh Dokter Nazmi Poliklinik Kebun (polibun) PT Letawa dan juga anggota Polri Brigpol Ardianto, SH Bhabinkamtibnas DesaTikke dan Makmur Jaya.

Sosialisasi ini juga membahas mengenai TRIAD KRR. TRIAD KRR yaitu Tigarisiko yang dihadapi oleh remaja yaitu risiko-risiko yang berkaitan dengan Sexualitas, Napza, HIV dan AIDS.

Sosialisasi ini juga dilaksanakan dengan tujuan menceggah kenakalan remaja yang sedang marak. “Jika siswa tertangkap melakukan kenakalan remaja akan diberi pembinaan khusus.” kata pemateri. (ys)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum