Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas, Implementasi Program Promoter Kapolri

MAMASA, MEDIARESTORASI.COM – Beberapa hari lalu seorang Bhabinkamtibmas Polres Mamasa yang bertugas di Polsek Tabulahan yakni Bripda Yusran mendapatkan penghargaan dari Kapolda Sulbar lantaran kegiatan literasi dengan menyulap motor dinasnya sebagai Perpustakaan Keliling untuk menjangkau daerah terpencil guna meningkatkan minat baca bagi masyarakat.

Kapolres Mamasa, AKBP. Arianto, S.E.,M.M., menjelaskan, giat Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas Polres Mamasa yang telah di dilaunching tersebut merupakan implementasi program Kapolri yakni Promoter (Profesional, Modern dam Terpercaya) untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan melakukan langkah-langkah strategis dengan mengimplementasikan kegiatan yang bersifat humanis dengan melihat kondisi masyarakat yang harus dilakukan, salah satunya adalah Bhabinkamtibms dengan Perpustakaan Kelilingnya.

Selain itu kata Kapolres Arianto, program Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas juga karena pihaknya memiliki keinginan dalam rangka mensukseskan pembangunan Nasional untuk mencerdaskan Bangsa dengan menggugah minat baca masyarakat dengan harapan, meningkatnya minat baca masyarakat maka otomatis akan meningkatkan kemampuan SDM dari aspek pengetahuan dan kompetensi.

Selanjutnya terang Kapolres Arianto, Polri melihat bahwa di Mamasa ada karasteristik terkait geografis daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh alat komunikasi yang berbeda dengan daerah-daerah lain dimana daerah lain bisa belajar lewat informasi internet. Dengan latarbelakang tersebut pihaknya sadar bahwa Bhabinkamtibmas itu berada disetiap desa yang dapat menjangkau lapisan masyarakat di daerah-daerah terpencil. Hakikatnya Bhabinkamtibmas dengan Perpustakaan Kelilingnya bisa meningkatkan minat baca masyarakat sehingga kompetensi dibidang pengetahuan dilapisan masyarakat bisa meningkat dengan membaca berbagai macam jenis buka yang dibawa oleh Bhabinkamtibmas.

Gerakan ini juga mendapat apresiasi dari Pemda Mamasa. Bupati Mamasa, Dr. H. Ramlan Badawi, M.H.,saat acara Launching Perpustakaann Keliling Bhabinkamtibmas Polres Mamasa (14/8) mengatakan, mewakili pemerintah dan seluruh elemen masyarakat menyampaikan terimakasih kepada Kapolres Mamasa dan jajarannya atas Program Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas karena akan berdampak pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Perdesaan dimana saat ini SDM menjadi prioritas yang digenjot.

Bupati merasa bahagia dan bangga karena disamping melalui Diknas bantuan dan topangan pihak Polres Mamasa melalui Perpustakaan Keliling,  buku-buku pengetahuan dapat sampai didaerah-daerah terpincil dimana masyarakat di desa-desa ada waktu untuk membaca tentu dengan bimbingan bina-bina desa dari Polres Mamasa yang tentu akan membuahkan hasil yang dapat membuat masyarakat maju dan sejahtera karena mendapatkan pengetahuan.

Bupati berharap progran Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas ini bisa berlanjut. Pemda akan membuat edaran agar jajarannya bersama masyarakat mendukung program ini bahkan disebut akan bersinergi supaya ada bahan bacaan yang selalu tersedia. (Leo/MdB)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum