Hebat, Kepala Dusun Sudah Dipilih Masyarakat

LUTRA, Mediarestorasi.com – Harapan masyarakat sudah terpenuhi di Desa Mekar Jaya Kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Rabu, 23/1/2019, dengan memilih langsung Kepala Dusun Sumber Jaya sesuai usulan warga dusun setempat.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Mekar Jaya, I Made Widana yang juga baru-baru ini mengikuti pemilihan Kepala Desa.

Sesuai aturan pemilihan Kepala Dusun dan perangkat desa, mulai tahun ini diseleksi oleh Kepala Desa.

“Kepastian tersebut sebagaimana diatur dalam Undang- Undang (UU) No 6/2014 tentang Desa, PP No 43/2015 tentang Pelaksanaan UU Desa dan Permendagri No 83/2015 tentang Tata Cara Pengangkatan Perangkat Desa, termasuk dalam Kategori Pembantu Kepala Desa (Kades),” ungkap I Made WidanaKades Mekar Jaya, kepada media ini.

Kades Mekar Jaya, I Made Widana menambahkan, selain seleksi, secara teknis untuk Kepala Dusun harus berusia antara 20-42 tahun, pendidikan minimal SMA, dan periode jabatan hingga usia 60 tahun.

“Dalam UU ini juga mengatur soal pelaksanaan teknis pembantu kepala desa ada dua, yakni kaur dan kasi. Kaur di bawah sekdes dan kasi di bawah kades langsung,” katanya.

Dilihat dari tanggung jawab Kepala Dusun yang merupakan penguasa kewilayahan, memang harus memenuhi beberapa kriteria. Karena itu, sebagai Kepala Dusun tidak hanya dilihat dari prestasi akademiknya, tapi juga harus diterima dan mengerti masyarakat yang akan dilayani. Termasuk jika dengan seleksi berarti Kepala Dusun tidak ada beda dengan staf.

“Itulah alasan kami menolak pengisian Kepala Dusun dengan seleksi, tapi dengan pemilihan langsung,” tegasnya.

Sekertaris Kecamatan Mappedeceng, Andi Muh Iqbal, mengatakan bahwa antusias seluruh warga dusun Sumber Jaya dalam mendukung dan mensukseskan pemilihan Kepala Dusun mereka cukup baik.

Ada empat calon Kepala Dusun, yakni Mustam, Salwadi, Musdin, dan Saida, dengan kertas suara berjumlah 181.

Sementara Ketua panitia Pilkadus (Pemilihan Kepala Dusun), Agus Siswanto menuturkan bahwa, pelaksanaan pemiligan Kadus ini sebagai bentuk dan wujud penyelenggaraan pesta demokrasi warga dusun juga.

Ketua Panitia mengumumkan hasil perolehan suara dimana, Rustam memperoleh suara terbanyak dengan 49 suara, disusul Aswadi 41 suara, sedang Saida 24 suara dan disuara buntut Musdin hanya meraih suara 14, dan total suara 128 warga memverikan hak pilihnya.

“Kepala Pemerintahan Kecamatan Mappedeceng, Kadri dihubungi Wartaean media ini melalui via telepin celularnya, mengatakan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Kades Mekar Jaya, I Made Widana dengan mengadakan pilkadus, nyata betul-betul mau bekerja untuk masyarakatnya, bukti Kades tidak melihat lagi lawan saat Pilkades baru-baru ini, tidak ada kepentingan politik,” ujar Kadri, seraya menambahkan agar Kadus terpilh benar-benar bekerja dengan penuh tanggungjawab karena ini sudah pilihan warga.(yustus/Gidion)

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa