Bupati Pasangkayu Meminta Para Gubernur se Sulawesi, Pertimbangkan Pemberlakuan Karantina Wilayah

PASANGKAYU, MEDIARESTORASI.COM – Paksa keputusan bersama 6 gubernur se sulawesi, terkait pemberlakuan karantina wilayah berkala besar dengan memperketat arus masuk di wilayah perbatasan Pada selasa 31 maret 2020 lalu melalui video teleconference, Pemerintah Kabupaten pasasngkayu meningkatkan intensitas pengawasan di wilayah perbatasan antara Kabupaten Kasangkayu, Sulawesi Sarat dan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah//

Peningkatan pengawasan di wilayah perbatasan dilakukan, untuk mencegah penyebaran virus Corona atau covid-19 masuk ke wilayah pasangkayu sulawesi barat.

Terkait kesempakatan para gubernur yang cenderung memberlakukan lockdouwn atau karantina wilayah dengan pembatatasan interaksi sosial berskala besar di semua wilayah perbatasan sulawesi, Bupati Pasangkayu H. Agus Ambo Djiwa meminta agar dipertimbangkan kembali, Karena alasan Ekonomi.

Pasalnya, jika hal ini dilakukan akan mengganggu pergerakan ekonomi masyarakat di Kabupaten Pasangkayu yang selama ini banyak tergantung dari wilayah luar, seperti Palu Pulawesi Tengah dan Kakassar Sulawesi Selatan.

“Saya meminta kepada bapak Gubernur se Sulawesi untuk mempertimbangkan pemberlakuan karantina wilayah berskala besar karena itu akan mempengaruhi pergerakan ekonomi kita. Yang harus kita lakukan adalah cukup memperketat pengawasan di wilayah perbatasan.” Jelasnya.

Untuk diketahui, sejumlah kebutuhan pangan dan sembako di Kabupaten Pasangkayu, sebagian besar di pasok dari luar. Termasuk, interaksi sosial masyarakat sangat banyak kewilayah provinsi sulawesi tengah, khususnya Kabupaten Donggala dan Palu

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Pasangkayu Belum melakukan penutupan di wilayah perbatasan.  Pihaknya, hanya meningkatkan intensitas pengawasan, kepada setiap orang yang melintas di wilayah perbatasan Pasangkayu Sulawesi Barat dan Donggala Sulawesi Tengah.

Pemeriksaan dilakukan 1×24 kepada setiap kendaraan yang melintas, baik roda dua maupun roda empat.

Laporan : Yunus

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum