21 RUMAH WARGA “LUDES TERBAKAR” DI KECAMATAN TAKABONERATE

SELAYAR (SUL-SEL), Mediarestorasi.com – Kebakaran yang terjadi di dusun pulau panjang Desa Kayuadi Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar Minggu, 15-04-2018, menghanguskan 21 rumah warga.

Kapolsek Takabonerate AKP. Sabaruddin mengungkapkan, ada 21 rumah Warga yang terbakar, 16 unit diantaranya merupakan rumah kayu bantuan dari kementerian sosial yang diperuntukkan bagi rumah nelayan. Sedangkan 5 unit rumah lainya merupakan pondok/gubuk dengan kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 10.00 wita. Api pertama kali dilihat di rumah pr. Kincana dimana rumah tersebut bagian atas atapnya terbuat dari daun kelapa, kemudian merembes kerumah yang lainnya dan diketahui bahwa rumah tersebut sudah lama tidak berpenghuni.

Api kemudian membesar dan menyebar serta membakar 20 rumah warga yang lain. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 11.15 wita setelah masyarakat setempat saling membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Pasca Kebakaran Kapolsek Takabonerate AKP Sabaruddin bersama Danpos TNI Serka Ahmad Lamo, Babinsa, Binmas,Kades Kayuadi, bersama Kadus Pulau panjang langsung ke Lokasi dan melakukan langkah-langkah yang dapat dilakukan termasuk mengevakuasi para warga yang kehilangan rumah ke rumah keluarga masing-masing.

Adapun Korban -korban pemilik rumah yang terbakar, H.Kincana 49 thn (Gubuk), Salama’ (Gubuk), sattu(rmh bantuan), nisma(rmh bantuan), dengkamua(rmh bantuan), dirwan(rmh bantuan), ibrahim(rmh bantuan), subaedi(rmh bantuan), asri(rmh bantuan), asis(rmh bantuan), kamiluddin(rmh bantuan), sewing(rmh bantuan), isdal(rmh bantuan), malik(rmh bantuan), sapania(rmh bantuan), muis(rmh bantuan), lukman(rmh bantuan), bulaeng(rmh bantuan), satti(pondok/gubuk), darma(pondok/gubuk) dan ukaseng(pondok/gubuk).

Hingga saat ini Polsek Takabonerate masih melakukan penyelidikan tentang penyebab kebakaran, menurut Kapolsek Takabonerate kebanyakan laki-laki yang ada di Pulau Panjang sedang melaut pada saat terjadi kebakaran.

Menanggapi kejadian ini Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Samsu Ridwan, S.IK memerintahkan Kapolsek Takabonerate untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah setempat untuk melakukan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam rangka membantu warga yang mengalami musibah kebakaran.

“Kami tentunya menghimbau agar masyarakat terus berhati-hati dan waspada dalam menghadapi bahaya kebakaran, diharapkan memiliki alat pemadam api ringan di rumah masing-masing “, Himbau Kapolres. (hamzah taju)

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa