Wujudkan Lingkungan Bersih, Payapo Gelar Lomba Toga

BULA (MALUKU) Mediarestorasi.com – Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, Kepala Desa Administratif Sumber Agung, Abdurahim Payapo gelar lomba Tanaman Obat (TOGA) dan tanaman hias.

Selain itu, warga juga diwajibkan untuk membersihkan lingkungan disekitar rumah mereka. Apabila warga yang hanya memilik tanaman tetapi tidak membersihkan lingkungannya, maka dianggap tidak memenuhi kategori penilaian.

Menurut Payapo tujuan lomba tersebut adalah untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar memanfaatkan tanaman obat yang berada di lingkungan tempat tinggal mereka

Ia juga menuturkan, sebelumnya Desa Administratif Sumber Agung kurang peduli terhadap kebersihan lingkungannya, namun semenjak menjabat sebagi Kades di daerah tersebut, Payapo bertekad untuk membuat suatu perubahan.

“Dalam menyongsong 17 Agustus 2019 ini, saya membuat perlombaan kebersihan lingkungan antara RT, dan penanaman TOGA tiap rumah,” Ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya perlombaan seperti itu dapat membawa dampak positif bagi warga, karena menurutnya jika suatu desa itu bersih maka masyarakatnya juga sehat.

Dijelaskan pembuatan TOGA tersebut murni dibiayai oleh setiap warga, Pemerintah Desa hanya memberikan biaya operasional kepada setiap RT sebesar Rp.300 ribu.

“Semuanya mereka tanggung sendiri, mulai dari bendera hias, cat dan lainnya, tetapi mereka sangat antusias, saya selaku pimpinan desa merasa senang,” Jelas Payapo.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Ketua Tim Penilai Sukmawati Rumakur mengatakan masyarakat Desa Administratif Sumber Agung mempunyai semangat yang luar biasa untuk mengikuti perlombaan tersebut,

Kegiatan seperti ini, kata Dia sangat bermanfaat, karena menurutnya untuk sakit yang ringan masyarakat dapat mengunakan TOGA yang berada dilingkungan mereka.

Terkait kriteria penilaian, Sukmawati menuturkan peserta harus mengetahui jenis TOGA yang ditanam.

“ Jangan hanya menanam, tetapi harus tahu nama, manfaat serta cara pengolahannya,” jelasnya.

Pemenang lomba TOGA akan diumumkan usai upacara peringatan HUT NKRI yang ke-74. (RA).

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum