Tiga TPS Dilakukan PSU Pada Tiga Kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur

BULA (Maluku), Mediarestorasi.com –Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seram Bagian Timur telah selesai mengelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, PSU dilaksanakan berdasarkan rekomendasi dari panwascam di tiga Kecamatan yang melakukan pelanggaran pada saat pencoblosan pada tanggal 27 Juni lalu.

Proses PSU dilaksanakan di TPS 01 Desa Kelimuri, Kecamatan Kelimuri. Pelaksanaan PSU pada TPS 01 ini digelar karena penyelenggara KPPS maupun saksi bersama-sama membagikan sisa suara dan melakukan pencoblosan bersama.

Sedangkan di TPS 01 Tunsai, Kecamatan Siwalalat ditemui pelanggaran berupa penggunaan Surat Keterangan Domisili dari Desa setempat, hal ini tentu tidak memenuhi prosedur dan ketentuan PKPU No 8 pasal 7 ayat 2, sehingga PSU pun tetap dilaksanakan.

Terakhir adalah TPS 01 Desa Rarat, Kecamatan Gorom Timur, pelaksanaan PSU dilakukan karena ada temuan panitia penyelenggara membagikan surat suara kepada empat orang warga untuk melakukan pencoblosan lebih dari satu kali, hal ini tentu melanggar ketentuan dan aturan PKPU.

“dengan ditemukan pelanggaran diketiga Kecamatan tersebut, maka KPU lewat rapat pleno internal memutuskan untuk tetap melaksanakan PSU, karena telah memenuhi unsur dilaksanakan PSU” tegas ketua KPU Junaiidi Mahad pada mediarestorasi.com Senin (3/7) di ruang kerjanya.

Junaidi juga menjelaskan bahwa pada saat pelaksanaan PSU diketiga kecamatan tersebut alhamdulillah telah selesai dan berjalan dengan aman dan lancar.

Saat disinggung soal sanksi yang akan diberikan kepada penyelenggara dari tiga kecamatan tersebut, Junaidi Mahad mengatakan bahwa akan melakukan evaluasi dari penyelenggara di tingkat kecamatan, Tingkat PPS dan KPPS

“akan kami kaji, apa akan kami beri teguran keras atau diberhentikan sesuai peraturan KPU dan undang-undang” tutup Junaidi. ( Supriaty).

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa