Pemda SBT Harus Penuhi Kebutuhan Nelayan Pesisir

BULA (MALUKU), Mediarestorasi.com – Dewan Pembina Himpunan Nelayan Mandiri Indonesia (HINMI) kabupaten Seram Bagian Timur, Marto Zain Warat, berharap pemerintah daerah SBT lewat dinas terkait harus memperhatikan kebutuhan mendasar para nelayan pesisir.

Hal tersebut disampaikan saat konfrensi pers di Aqila Cafe pada, Kamis (5/9/2019). Warat juga mengatakan pemerintah daerah SBT harus menyediakan anggaran lebih guna meningkatkan Potensi perikanan yang ada di daerah ini, sehingga berdampak pada kesejahteraan Masyarakat nelayan pesisir.

“Pemda harus menggelontorkan anggaran sebesar-besarnya untuk menjawab kebutuhan masyarakat nelayan pesisir”, Ungkap Marto

Terkait kebutuhan mendasar dari para nelayan, Marto mengungkapkan sangat banyak, diantaranya alat tangkap yang tidak memadai serta penampungan ikan yang masih sangat minim.

Ia menjelaskan, dengan potensi laut yang begitu banyak seharusnya telah dapat memenuhi kesejahteraan masyarakat nelayan pesisir.

“ini saya mau bilang di daerah-daerah pulau seperti Watubela, Pulau Panjang, geser dan Garogos sudah harus ada Cluster walaupun itu minim”, jelasnya

Menurutnya, apabila telah ada penyediaan sarana berupa Cluster di daerah-daerah tersebut, maka transaksi ikan akan berjalan dengan lancar, dan hal itu tentu dapat meningkatkan perekonomian daerah SBT serta secara langsung berdampak positif bagi kesejahteraan nelayan.

Diketahui HINMI adalah sebuah organisasi non partisan yang memiliki visi terwujudnya pembangunan ekonomi nelayan pesisir yang maju dan modern, mampu bersaing dan berbasis kekuatan ekonomi kerakyatan.

Untuk mewujudkan program nawa cita tersebut, pemerintah daerah kabupaten Seram Bagian Timur lewat dinas terkait harus benar-benar memperhatikan serta memberikan porsi khusus kepada masyarakat nelayan pesisir agar bersama meningkatkan roda perekonomian di bumi Ita Wotu Nusa ini.

Sebelumnya ditempat yang sama, HINMI kabupaten Seram Bagain Timur menggelar dialog public dengan tema “Menjawab Kebutuhan Nelayan Kabupaten Seram Bagian Timur”, dengan melibatkan sejumlah nelayan yang berada di kabupaten SBT.

Hadir pada acara itu, Asisten Dua, Ramli Mahu, mewakili Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas sekaligus membuka secara resmi kegiatan dialog publik tersebut, hadir pula anggota Komisi C DPRD SBT Ahmat Voth, perwakilan Dinas Perikanan SBT serta sejumlah OKP. (RA)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum