Bupati SBT Hadiri Musrenbangnas di Istana Negara

JAKARTA, MEDIARESTORASI.COM – Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas menghadiri Musrembang Nasional Rancangan RPJMN tahun 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12’2019).

Musrenbang yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini dihadiri para Menteri Kabinet Kerja, gubernur, bupati dan Walikota se-Indonesia.

Saat menyampaikan sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan program prioritas pemerintahannya dalam lima tahun mendatang.

Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur agar memperkokoh pondasi dalam berkompetisi dengan negara lainnya.

“Sesakit apapun, harus berani kita tahan agar yang namanya pembangunan infrastruktur betul-betul rampung dan selesai. Artinya kelanjutan pembangunan infrastruktur tetep kita laksanakan,”kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, kelanjutan pembangunan infrastruktur, yakni dengan menyambungkan pembangunan infrastruktur yang sebelumnya sudah dibangun seperti di kawasan-kawasan industri, kawasan-kawasan produksi peranian, produksi perikanan, kawasan wisata yang ada di setiap provinsi, di setiap daerah.

“Misalnya ada jalan tol sambungkan ke kawasan-kawasan pertanian. Siapa yang sambungkan? Ada pemprov, ada pemkab, ada pemkot, tugas bapak/ibu semuanya adalah sambungkan itu. Kalau tidak memiliki kemampuan di APBD bisa berkonsultasi pada Menteri PU berkonsultasi,” ujarnya.

Mantan Walikota Solo ini juga mengingatkan bahwa konsultasi dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono untuk menambah APBD yang ada di pemerintah daerah.

“Nanti saya takutnya diasumsikan lain semua berbondong-bondong konsultasi ‘Pak APBD saya tidak mampu’. Wah ini yang bahaya,” imbuhnya. (RA)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum