Kembali Kepada Ibu Kandung, Hakikat Pengabdian TNI Kepada Rakyat

PASANGKAYU, MEDIARESTORASI.COM – Sebagai wujud kemanunggalan TNI yang mengasosiasikan diri sebagai anak kandung rakyat, prajurit TNI yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) TMMD ke 107 Kodim 1427 Pasangkayu, menyatukan diri bersama rakyat di desa.

Wujud penyatuan itu, terlihat selama kegiatan TMMD berlangsung para prajurit menginap dirumah-rumah penduduk. Setiap rumah, prajurit dibagi 5 sampai 10 orang. Mereka berbagi bersama warga, sekaligus merasakan apa yang dialami rakyat selama ini.

Menurut Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf. Kadir Tangdiesak, Kepada Mediarestorasi.com (18/3/2020), TNI tidak boleh jauh dari rakyat, karena TNI berasal dari rakyat. TNI mengabdi untuk kepentingan rakyat dan suatu saat akan kembali kepada rakyat.

Satgas TMMD bersama warga membangun jalan

“Rakyat adalah ibu kadung TNI. Sehingga hakikat TNI itu, tidak boleh jauh dari rakyat, karena dia berasal dari rakyat dan suatu saat akan kembali kepada rakyat.” Urai Kadir Tangdiesak.

Lebih Jauh Kadir Tangdiesak menerangkan, Pengabdian TNI kepada rakyat sudah terpatri dalam dada. Rakyat bukan saja mitra tentara dalam menjaga dan mempertahankan NKRI, tetapi lebih jauh dan dalam lagi, rakyat adalah ‘Ibu Kandung’ TNI

Dalam melaksanakan pengabdiannya melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), TNI tinggal bersama rakyat, makan bersama, bekerja bersama, bersanda gurau bersama, tidur dalam satu ‘gubuk’ yang sama dan sependeritaan dengan rakyat

“Uang makan prajurit setiap hari diserahkan kepada pemilik rumah untuk dimasak dan dimakan bersama, dengan pemilik rumah. Ini dimaksudkan, agar prajurit dapat merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat,” terang Dandim 1427/Pasangkayu

Dalam kegiatan TMMD ke 107 Kodim 1427 Pasangkayu, TNI melakukan beberapa kegiatan fisik seperti, membangunan jalan, jembatan, bedah rumah untuk warga yang tidak mampu dan beberapa kegiatan tambahan lainnya.

Kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat melalui program TMMD, begitu terasa bagi rakyat. Selain karena prajurit tidak membatasi jarak dengan masyarakat, program yang mereka lakukan untuk masyarakat juga dinilai sangat bermanfaat.

Daming, salah satu warga Desa Kasano yang menerima manfaat dari Kegiatan TMMD ke 107 Dandim 1427 Pasangkayu, berupa bedah Rumah mengatakan, dirinya sangat terharu dan hampir tak mampu berkata-kata lagi karena bersyukur atas bantuan TNI.

Satgas TMMD Bedah Rumah Warga Kasano

“Di usia saya yang sudah senja ini tidak banyak lagi dapat berbuat, apa lagi mau membangun rumah. Namun kehadiran tentara membuat saya terharu dan mengucapkan terimakasih tak terhingga karena saya tidak mengira saya masih bisa punya rumah.” Ungkap Daming kepada media ini saat ditemui di Kasano (19/3)

Ia pun mengungkapkan kebanggaannya kepada TNI karena menilai TNI tak mengenal batas dalam melakukan pengabdian.

“Saya sangat bangga sama tentara karena mereka dalam membantu masyarakat tidak ada batas, mereka betul-betul mengabdi secara tulus dan ikhlas dalam membantu rakyat.” Ucap Daming Bangga

Penulis : Yunus Suparlin

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum