Bappeda Litbang Nunukan, Menggelar Forum Konsultasi Publik

NUNUKAN, MEDIARESTORASI.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Nunukan menggelar Forum Konsultasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang berlangsung di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Nunukan, Jumat (07/02/2020).

Acara Forum Konsultasi Publik diawali dengan pembukaan dan pembacaan doa, dan dilanjutkan Laporan Kepala Bappeda Litbang, Juni Mardiansyah, AP yang menyampaikan maksud dan tujuan diadakan Forum Konsultasi Publik yakni untuk memperoleh masukan dan saran dari masyarakat dan pemangku kepentingan sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2021.

Forum Konsultasi Publik tersebut diikuti sekitar 160 orang yang terdiri dari unsur perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan, Anggota DPRD Kabupaten Nunukan, Akademisi, perwakilan dan tokoh masyarakat, tokoh agama dan perempuan, organisasi masyarakat, organisasi profesi, insan pers, dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Sementara itu Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM membuka secara resmi pelaksanaan Forum Konsultasi Publik tersebut dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa konsultasi publik yang dilaksanakan saat ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Nunukan Tahun 2021 yang secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan pencapaian hasil pembangunan.

“Untuk itu partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting. Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan, dengan melibatkan stakeholder penting dan pemangku kepentingan pembangunan daerah.”

Bupati Nunukan juga menyebutkan bahwa dari tahun ke tahun, Pemerintah Kabupaten Nunukan dihadapkan semakin kompleksnya tuntutan dan tantangan terhadap proses perencanaan pembangunan, sementara dilain pihak juga menghadapi permasalahan keterbatasan sumber daya pembangunan khususnya pembiayaan pembangunan. Menyikapi kondisi tersebut tentunya diperlukan adanya penajaman program pembangunan, pemilihan prioritas kebutuhan yang sangat urgent untuk dirumuskan menjadi program dan kegiatan pembangunan yang efektif dalam upaya menjawab permasalahan pembangunan yang mendasar.

Bupati Nunukan juga menyampaikan bahwa laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nunukan Tahun 2018 berada diatas laju pertumbuhan rata-rata nasional dan berada posisi ke dua dari lima Kabupaten / Kota se-Provinsi Kalimantan Utara baik dari tingkat pertumbuhannya yaitu sebesar 6,28% maupun kontribusinya pada pembentukan PDRB Provinsi Kalimantan Utara yaitu sebesar 26,34%. Tingkat Pengangguran Terbuka atau TPT Kabupaten Nunukan turun dari 7,24 pada tahun 2017 menjadi 4,85 pada tahun 2018. Angka TPT Kabupaten Nunukan pada tahun 2018 terendah kedua dari lima Kabupaten / Kota di Kalimantan Utara yang juga lebih rendah dibandingkan TPT Provinsi maupun TPT Nasional.

Dalam Forum Konsultasi Publik itu juga diadakan Paparan Panel yang disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Nunukan, Sabri, ST, M. Si yang memaparkan Proyeksi Pendapatan Kabupaten Nunukan Tahun 2021, dilanjutkan oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Nunukan yang memaparkan Proyeksi Belanja Kabupaten Nunukan Tahun 2021.

Dalam Paparan Panel juga menghadirkan lembaga akademisi yang diwakili oleh Ketua PPD Politeknik Negeri Nunukan, Arkas Viddy, SE, MM, Ph. D yang dilanjutkan pemaparan tentang 7 (tujuh) Program Prioritas Pembangunan Kabupaten Nunukan Tahun 2021 oleh Kepala Bidang Perencanaan Evaluasi Penelitian dan Pengembangan Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan, Yoseph, ST, MT.

Acara Forum Konsultasi Publik semakin menghangat ketika memasuki sesi diskusi yang menghadirkan perwakilan masyarakat, stakeholder, dan anggota DPRD Kabupaten Nunukan yang banyak menyoroti terkait perencanaan daerah yang memerlukan kesinambungan, perencanaan yang tepat sasaran dan memiliki daya unkit pertumbuhan ekonomi.

Menutup acara Forum Konsultasi Publik, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Serfianus, S. IP, M. Si mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran yang disampaikan dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Nunukan Tahun 2021 dan menggarisbawahi pentingnya perencanaan yang akan ditetapkan agar sesuai dengan usulan yang telah disepakati dalam Forum Konsultasi Publik dan Musrembang. (Sahabuddin)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum