Umat Katholik Gelar Misa Peresmian Gereja Riam Batang

SEKADAU (KALBAR), Mediarestorasi.com – Ratusan umat Katholik melaksanakan misa peresmian Gereja Santo Gabriel Possenti Stasi Riam Batang, Paroki Nanga Mahap Keuskupan Sanggau, Minggu (13/10/2019).

Dihadiri Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si beserta rombongan, Uskup Sanggau Mgr. Yulius G. Mencucini, Cp, Forkopimka Nanga Mahap, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan warga masyarakat yang turut memeriahkan acara peresmian Gereja tersebut.

Acara dibuka dengan upacara adat Injak Telur yang dilakukan oleh Uskup Keuskupan Sanggau, dan dilanjutkan dengan “Pancung Buluh Muda” oleh Bupati Sekadau sebagai wujud penghormatan kepada tamu agung.

Tamu undangan kemudian diarak menuju bangunan Gereja Santo Gabriel Possenti yang akan diresmikan dengan diiringi tarian adat Dayak masyarakat setempat.

Pembukaan tirai papan nama gereja oleh Bupati Sekadau serta pengguntingan pita oleh Ketua Penggerak PKK Kab. Sekadau, Ny. Kristina Rupinus, S.Pd, M.Si sebagai tanda diresmikannya Gereja St. Gabriel Possenti stasi Riam Batang

Acara dilanjutkan dengan pemberkatan bangunan gereja oleh Uskup, dan dilanjutkan dengan Misa Syukur sekaligus pemberian sakramen Krisma kepada kurang lebih 95 umat katholik

Ketua panitia presmian Gereja, Sebastianus Anen memaparkan bahwa bangunan gereja dengan luas 8 x 12 meter bisa direalisasikan berkat dukungan dari Pemerintah Daerah, Swadaya Masyarakat, Paroki Nanga Mahap, serta para donatur.

Anen juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apreasi yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang telah terlibat dalam proses pembangunan gereja, serta mengucapkan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah bersedia hadir dalam acara.

“Kami ucapkan terimakasih kepada tamu undangan baik dari kalangan pejabat daerah maupun kepada masyarakat yang telah bersedia hadir dalam acara ini, walaupun kondisi cuaca yang gerimis”, ungkap Anen.

Bupati Sekadau dalam pemaparannya berharap kepada umat katholik khususnya stasi Riam Batang agar dengan tempat ibadah yang baru supaya lebih bersemangat lagi meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Semoga dengan dengan adanya bangunan gereja baru ini dapat memberi manfaat bagi umat yang ada di Stasi Riam Batang ini, serta masyarakat semakin terpacu untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, harap Rupinus

Tidak luput dari pantauan media di lapangan, tampak kegiatan tersebut mendapat pengamanan dari personel Polsek Nanga Mahap. (CBH)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum