Tim Inovasi Desa Kabupaten Sekadau Gelar Pelatihan KPM

SEKADAU (KALBAR), Mediarestorasi.com – Untuk meningkatkan kualitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kader, Tim Inovasi Desa Kecamatan Belitang gelar pelatihan peningkatan kapasitas. Kegiatan ini digelar dalam rangka memajukan program pemberdayaan masyarakat yang bersifat Inovasi Desa. Pelatihan dilaksanakan di aula Gedung Pertemuan Umum (GPU) Desa Belitang Dua. Sabtu 27 Juli 2019

Tim Pengelolah Inovasi Desa (TPID) sebagai penyelenggara kegiatan dalam program inovasi desa tersebut. Mengharapkan melalui pelatihan itu akan dapat meningkatkan kualitas SDM. Sekaligus dapat membantu setiap kebutuhan dan keperluan Desa sebagai proses langkah awal perencanaan Desa yang di dampingi Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Pelatihan SDM ini hampir diikuti seluruh anggota KPM dengan narasumber dari Tenaga Ahli Kabupaten Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Dalam kesempatan ini Tenaga Ahli bidang Pelayanan Sosial Dasar, Gufri Miroj menyampaikan arahan tentang materi tentang Konvergensi Stunting.

“Bahwa dalam peningkatan kapasitas SDM yang ada di Desa,  maka di setiap Desa perlu tenaga kader. Sehingga, dibentuklah apa yang disebut Kader Pembangunan Manusia atau KPM,” jelas Gufri selaku Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar.

Lebih lanjut Gufri menyebutkan, bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal dalam Desa melaksanakan kegiatan di bidang pemberdayaan, masyarakat secara khusus di bidang pelayanan sosial dasar.

Fungsi KPM kata Gufri, sebagai pertukaran informasi yang ada di Desa. Sehingga Desa dapat mengetahui proses dimana arah pembangunan itu bisa berjalan dengan baik,” jelas Gufri.

Lebih lanjut Gufri memaparkan bahwa, adanya TPID, PD dan PLD di Kecamatan diharapkan dapat membantu kegiatan konvergensi stunting yang ada di Desa, terutama dalam perencanaan Desa dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa). (CBH)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum