EN Bebas Dari Jeratan Hukum Atas Dugaan Pencurian Minyak Milik Pertamina

ACEH TAMIANG, MEDIARESTORASI.COM – Pengadilan Negeri Kualasimpang memutus bebas Pelaku dugaan pencurian minyak milik Pertamina EP Field Rantau, dalam sebuah persidangan di Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang pada Senin (27/04/2020).

Usai mengikuti persidangan, Husni Thamrin Tanjung,SH. Sawaludin,SH. Selvi, SH Penasehat Hukum EN (47 tahun) warga Dusun Hasanah Kampung Kota Lintang Kecamatan Kota Kualasimpang, mantan karyawan PT. Besmindo pada para wartawan mengatakan,”dari awal khasus ini terbilang unik. Polisi Sektor Seruway lakukan reka adegan terkait dugaan kasus pencurian minyak mentah milik PT.Pertamina EP Rantau, kegiatan dilakukan di lokasi Rig Kampung Landuh Kecamatan Rantau, turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan kejaksaan Negeri Aceh Tamiang pada Senin (27/1/2020). Dalam proses reka adegan tidak menunjukkan hasil sesuai yang diharapkan, karena tidak terlihat dengan jelas bagaimana proses pencurian itu terjadi,”jelasnya.

“Dibawah pengawalan Majelis Hakim Ketua Irwansyah Putra Sitorus,SH.MH, Fadli,SH hakim anggota, Orsita Hanum,SH hakim anggota akhirnya dikeluarkan sebuah petikan Putusan Pengadilan Negeri Kualasimpang untuk perkara nomor : 62/Pid.B/2020/PN.ksp,
menimbang pasal 362 KUHPidana, 372 KUHPidana, pasal 191 ayat (1) undang-undang nomor 8 tahun 1981 tentang kitab undang-undang hukum acara pidana serta peraturan perundangan-undangan lain yang bersangkutan, maka EN dinyatakan tidak bersalah dan tidak terbukti melanggar sebagaimana didakwakan oleh Penuntut Umum.

Para Penasehat Hukum EN menambahkan,”kami tidak ingin berlama-lama, semua harus diselesaikan secepatnya, Terdakwa segera dibebaskan dan lain waktu akan dilakukan penyelesaian dengan pihak Perusahaan,”tegas mereka.

Terpantau, wajah Terdakwa dan keluarga begitu ceria, sambil tersenyum saat diabadikan di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Kualasimpang.

(Eri Beo)

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum