Perihal Zona Penerimaan Siswa Baru, SMP 2 Sintang Menunggu SK Bupati

SINTANG (Kalbar), Mediarestorasi.com – Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sintang,  Lanton, masih menunggu SK  Bupati terkait zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019.

Sementara pendaftaran siswa baru sudah akan dimulai pada tanggal 24 Juni sampai 2 Juli 2019 mendatang.

Menurut Lanton, penerimaan siswa tahun ini, masih dilakukan secara manual, Namun sesuai dengan peraturan Permendikbud No. 51 Tahun 2019, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, untuk tahun 2019 sampai tahun 2020 mendatang, SMP Negeri 2 Sintang akan melaksanakan PPDB dengan sistem zonasi.

“Panitia sudah dibentuk seperti biasanya, karena pendaftaran yang akan dimulai tanggal 24 Juni tahun ini sampai tanggal 4 Juli mendatang”. Jelas Lanton.

Terkait wilayah zonasi, lanjut dia, kita masih menunggu SK Bupati melalui Dinas Pendidikan.” Uangkap Lanton Kepada media ini, Jumat 14 Juni pagi tadi.

Lanjut Lanton, dari rapat yang dilakukan Disdikbud Kabupaten Sintang, bahwa berdasarkan Permendikbud No. 51 tahun 2019, yang diperkuat aturannya dengan SK Bupati Sintang, maka 85 persen penerimaan siswa baru tahun berdasarkan zonasi dan 15 persen diluar zonasi.

“Mengenai rapat yang kita ikuti kemarin, ada 15 persen diluar zonasi, yaitu 5 persen untuk siswa berprestasi dan 10 persen untuk siswa yang pindah. Tapi kita tetap menunggu petunjuk dari Disdikbud perihal aturan zona tersebut.” Terangnya.

Ia menambahkan bahwa, pihaknya tidak begitu terkendala dengan rencana penggunaan dengan sistem zonasi tersebut.

Namun menurut beliau protes bisa saja datang dari orang tua siswa yang tidak setuju dengan sistem zonasi tersebut.

Ia juga mengungkapkan, sudah ada beberapa orang tua yang menanyakan perihal waktu mulai mengambil formulir pendaftaran. Beliau menjelaskan jika tahun ini pendaftaran siswa SMP sudah mulai menggunakan sistem zona sekolah. (Bostang)

Bagikan:

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa