Lima Manfaat Mengajak Anak Bermain Di Taman Kota

MAMUJU, (SULBAR), Mediarestorasi.com – Pengaruh teknologi khususnya gadged kepada anak-anak kian hari kian mengkuatirkan. Zaman sekarang, anak-anak gampang sekali kecanduan main gadget, nonton youtube, Kalau tidak diawasi, sehingga mempengaruhi tumbuh kembang anak bisa terhambat.

Fhoto : Taman Kota Karema Mamuju

Meski kita tahu kalau bermain adalah aktivitas yang tidak bisa lepas dari dunia anak-anak, tetap saja kita perlu mengarahkannya.

Salah satu cara agar anak nggak kecanduan gadget, ada baiknya untuk sering mengajaknya bermain ke taman. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak bila sering diajak main ke taman, khususnya taman dengan udara yang bersih. Yuk, moms kita bahas satu per satu di sini.

  • Meningkatkan Kekebala Tubuh Anak

Seperti dilansir dari thehealthsite.com, bermain di ruang terbuka bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Saat anak bermain di taman, terjatuh, dan berlarian kesana kemari, secara tidak langsung itu bisa membantu meningkatkan imunitas tubuhnya. Sehingga tidak gampang sakit. Sementara kalau bermainnya hanya di dalam ruangan tertutup, anak rentan mengalami alergi yang berkaitan dengan sistem pernapasan.

  • Meningkatkan Perkembanga Mental dan Sosial

Ruang terbuka, udara segar, dan aktivitas fisik merupakan elemen penting untuk perkembangan otak anak. Semua elemen itu bisa didapatkan dengan bermain di taman. Selain itu, saat bermain dengan teman-teman di taman, kemampuan sosial anak juga bisa ikut meningkat. Daya kreativitas anak akan terus diasah dengan berani mencoba berbagai hal baru di taman. Banyak manfaatnya main di taman.  (El.Kamal)

  • Mengatasi Stres

Anak pun bisa mengalami stres atau tertekan. Salah satu cara untuk membantunya mengatasi stres adalah mengajaknya bermain di ruang terbuka seperti di taman. Jangan sampai anak mengalami Nature Deficit Disorder, suatu gangguan pada manusia, terutama anak-anak akibat kurang berkontak langsung dengan alam yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik, berupa kemungkinan mengidap obesitas, gangguan mental dan depresi pada anak (dikutip dari kompasiana.com), 24/6/2015.

Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan anak jadi pemalas, lebih egois, individualis, susah untuk berkonsentrasi, bahkan bisa makin ketergantungan dengan gadget.

  • Membuat Anak Lebih Bahagia

Aktif melakukan kegiatan fisik, maka jumlah kalori yang dibakar akan lebih banyak. Selain bisa membuat anak lebih sehat, bermain di taman juga bisa membuat anak lebih bahagia. Saat berada di taman, anak bisa merasa lebih bebas dan mampu meluapkan emosi dan perasaannya dengan lebih mudah.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Yap, aktivitas di ruang terbuka seperti di taman bisa membantu anak untuk lebih berkonsentrasi.

Yuk, moms ajak anak lebih banyak bermain dan beraktivitas di luar ruangan. Pastikan juga anak selalu dipantau dan diawasi saat bermain, agar anak tidak terjadi sesuatu yang fatal. (El.kamal)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum