Akibat Lakukan Pemecatan Sepihak, PT Agro Jaya Perdana Di Demo

MEDAN (Sumut),  Mediarestorasi.com
Ratusan karyawan PT Agro Jaya Perdana (AJP) gelar aksi Demo damai. Aksi demo dilakukan, menuntut agar 90 karyawan yang dipecat sepihak oleh manajemen  menjelang perayaan idul fitri,  dipekerjakan kembali.

Aksi dan orasi dilakukan massa karyawan, di depan pintu gerbang PT Agro Jaya yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, Medan Labuhan, Kota Medan, Rabu (12/6/2019).

Unjuk rasa kali ini merupakan aksi lanjutan yang sebelumnya telah dilakukan pada Rabu (29/5/2019), yang lalu.

Dalam orasinya, para pendemo meminta pertanggung jawaban management PT.Agro Jaya atas pemecatan 90 karyawan secara sepihak, yang tiba-tiba dilakukan pihak perusahaan.

Sebelumnya pada bulan mei lalu PT. Agro Jaya mengumumkan pemecatan terhadap 90 karyawan dengan alasan perusahaan merugi. Namun prosedur pemecatannya dipertanyakan oleh kariawan karena dianggap tidak sesuai aturan. Karena tidak puas dengan alasan yang diberikan management mereka melakukan aksi demo menuntut agar status mereka dikembalikan

Ratusan karyawan dalam Orasi damai tersebut mempergunakan alat pengeras suara, dari atas mobil pick up sembari membawa sejumlah poster yang isinya menuntut, karyawan yang dipecat supaya segera dipekerjakan kembali.

Dari pantauan di lokasi karyawan yang berdemo di depan pintu utama perusahaan hingga ke badan jalan raya, mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian Polsek Medan Labuhan.

AD Jon Sitanggang, Ketua Serikat Buruh Nasional Indonesia (SBNI) kepada wartawan mengatakan, “kami meminta kepada pihak perusahaan agar karyawan di pekerjakan lagi”. Pinta Jon

Harapan kami lanjut Jon, dalam tuntutan ini, pihak perusahaan agar memperkerjakan kembali, jangan ada PHK terhadap karyawan sesuai peraturan pemerintah, dan kalau perusahaan tidak bisa mengelak lagi harus ada PHK, kami minta perusahaan mengeluarkan hak kami sesuai aturan.” ucap AD Jon Sitanggang

Karyawan mengancam jika mereka yang dipecat tidak dipekerjakan kembali, karyawan akan terus berdemo selama tiga hari berturut-turut sampai haknya dipenuhi sesuai dengan peraturan Pemerintah. (Sigit)

Bagikan:

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa