BUPATI KONSEL SERAHKAN  LKPD TA 2018 Ke BPK RI

Konsel(SULTRA)Media Restorasi.Com –Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang diterima oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra), Ir. Hermanto, M.Si di Aula Pertemuan Kantor BPK – Kota Kendari, Rabu (20/3/2019).

LKPD Konsel diserahkan bersamaan dengan laporan Keuangan Pemerintah Provinsi dan 17 Kab/Kota yang dihadiri para Bupati/Walikota, Sekretaris Daerah, Inspektorat dan para Kadis Keuangan masing-masing Pemerintah Daerah.

Kegiatan tersebut di tandai dan diawali dengan penandatanganan berita acara dan selanjutnya penyerahan laporan keuangan an auditing Tahun Anggaran (TA) 2018 oleh masing-masing Kepala Daerah kepada BPK.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra, Ali Mazi, SH mengatakan bahwa sejak awal kepemimpinannya  bersama Wagub, Dr. Lukman Abunawas, telah berkomitmen untuk menciptakan birokrasi pemerintahan provinsi yang modern dengan tetap mengedepankan praktek Good Governance dan prinsip akuntansi yang telah di tetapkan sesuai standar akuntansi pemerintahan dan perundang2an yang berlaku.

Olehnya itu, tutur Ali Mazi, laporan keuangan yang  diserahkan hari ini, yang juga merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban pemerintah daerah dalam pelaksanaan APBD, dirinya berharap dengan taat dan patuh menindak lanjuti hasil pemeriksaan BPK dapat memperoleh hasil yang baik sesuai harapan bersama.

Dikesempatan itu juga, Ali Mazi menyampaikan terima kasih kepada BPK yang telah melakukan pembinaan dan mendorong kinerja inspektorat serta aparatur, yang tentu dapat memacu Pemda untuk terus melaksanakan program pembangunan demi kesejahteraan masyarakat serta terwujudnya pemerintahan yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Sultra, Hermanto menjelaskan bahwa penyerahan laporan keuangan yang hari ini dilaksanakan, merupakan kegiatan konstitusional atau perintah undang-undang, dimana, paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya Tahun Anggaran pelaksanaan penggunaan APBD, harus sudah dilaporkan.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov/Pemkab yang telah melaporkan keuangannya tepat waktu, yang juga merupakan sejarah baru karena mampu menyampaikan laporannya 10 hari sebelum batas waktu yang telah di tetapkan. Yang menurutnya suatu prestasi bagi para Kepala Daerah.

“Kami berharap Pemprov dan Pemkab se-Sultra dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), tentu dengan dukungan instansi dalam membantu tim pemeriksa, khususnya dalam hal penyajian data, komunikasi dan Konfirmasi serta komitmen bersama Kepala Daerah dalam menciptakan tata kelola keuangan yang baik,” tandasnya.

Sedangkan menurut Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, saat ditemui usai kegiatan, menyampaikan optimismenya jika hasil dari LKPD yang diserahkan ke BPK, Pemda Konsel mampu meraih predikat opini WTP sekaligus mempertahankan 2 WTP yang diraih sebelumnya.

“Kita optimis raih WTP lagi, karena dari laporan 12 Item yang menjadi tolak ukur dan kriteria penilaian dalam pengelolaan anggaran 2018 oleh BPK, berdasarkan kecukupan dan efektifitas sistem pengendalian intern kesemuanya telah kita penuhi, yang didalamnya termasuk Dana Desa,,” ungkap Surunuddin.

Dan kita akan terus bersinergi dan membangun komunikasi dengan pihak BPK, sambung Surunuddin, salah satunya juga bagaimana menyelesaikan sesegera mungkin setiap ada permasalahan yang timbul selama pemeriksaan sesuai koridor, sehingga dapat terwujud sistem pemerintahan yang baik dan bersih dengan selalu mendorong peningkatan kualitas pelaporan keuangan melalui proses penganggaran yang akuntabel, transparan dan lebih tertib serta penata usahaan keuangan dan aset daerah berbasis IT, lebih komfrehensif dan berkesinambungan.

Untuk diketahui, usai penyerahan LKPD, selanjutnya beberapa hari kedepan, BPK akan melakukam pemeriksaan fisik secara terperinci dengan turun ke instansi Pemprov/Pemda, yang ditargetkan akan selesai dan diumumkan hasilnya paling lambat akhir Mei 2019.(Sultan)

Bagikan: