HKG PKK: Agen Pemberdayaan Pembangunan Kesehatan, Komentar Enny Thahar

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Dengan adanya TP PKK mulai dari Kabupaten Kecamatan sampai Desa/Kelurahan, diharapkan menjadi motivator, pioner untuk sebagai agen pemberdayaan pembangunan kesehatan. TP PKK harus memanfaatkan semua potensi yang ada untuk kemajuan desa itu sendiri.

Dengan adanya Dana Desa yang begitu besar membuka peluang bagi ibu-ibu yang tergabung dalam gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK l) untuk memanfaatkanya dengan berbagi kegiatan yang mengarah pada pemberdayaan keluarga dan masyarakat sekitar di pedesaan ataupun perkotaan.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi-Selatan (Sulsel) Ny. Enny Thahar pada media ini, Jumat(19/7/2019).

Dikatakannya, “Ibu – ibu PKK sudah punya kegiatan yang luar biasa dan peran yang luar biasa dan kini punya peluang yang luar biasa dengan Dana Desa yang melimpah luar biasa ini. Itu yang harus dioptimalkan. Ada prioritas yang begitu jelas di Dana Desa dan yang punya peluang besar adalah ibu-ibu PKK,” jelas Enny Thahar, kemarin puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47.

Menurutnya, anggota PKK bisa menjadi pelopor dan agen-agen untuk pemberdayaan, pembangunan, kesehatan dan tujuannya satu yakni untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.

PKK, lanjut Enny Thahar, sudah bisa melakukan berbagai program untuk pemberdayaan keluarga dan masyarakat dan permasalahan adalah di soal kebijakan anggaran. Dan kalau mengikuti siklus perencanaan, seharusnya mulai dilakukan pada Juli hingga September. Harus ada sinkronisasi baik itu anggaran maupun kegiatan dengan Pusat, Kabupaten, Kecamatan maupun di Desa atau Kelurahan.

“Terkait fokus kegiatan PKK di desa, sesuai dengan Permen Desa No 19 Tahun 2017 antara lain soal pelayanan kesehatan dan simpan pinjam serta kegiatan untuk memanfaatkan pekarangan dengan tanaman produktif. “Bahkan kami dorong supaya PKK membuat grosir untuk kebutuhan pokok dengan mensuplai untuk usaha yang dikelola warga misalnya toko. Keberadaan usaha PKK tidak boleh menghapus usaha masyarakat,” tukas Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Utara. (yus)

Bagikan:

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa