Hadapai Persaingan Perdagangan, DP3A Lutra Latih Perempuan Keterampilan

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(DP3A) melaksanakan pelatihan keterampilan pelatihan keterampilan bagi perempuan Kepala Keluarga di rumah Cokelat Challodo, Kamis(18/7/2019).

Dalam menghadapi persaingan dalam era global dengan sistem internet, usaha rumah tangga sering kali tidak siap terhadap situasi tersebut. Untuk itu usaha rumah tangga harus benar-benar siap dari segi menajemen termasuk juga produk yang akan dipasarkan.

Melihat hal tesebut Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi-Selatan (Suksel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) melalukan pelatihan keterampilan perempuan dan manajemen usaha rumah tangga khususnya yang dilakukan ibu-ibu rumah tangga selama dua hari mulai,18 sampai 20 Juli 2019.

“Pelatihan keterampilan Pelatihan keterampilan ini sangat penting bagi ibu-ibu yang bergelut pada usaha rumah tangga serta keterampilan. Kami harapkan melalui pelatihan ini semakin meningkatkan daya saing industri rumahan ini,” ujar Sekda Lutra, Tafsil Saleh dalam sambutannya saat membuka pelatihan bagi 20 perempuan Kepala Keluarga, seraya menambahkan

Pelatihan yang dilakukan DP3A ini, menurut Tafsil Saleh merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Lutra dalam meningkatkan daya saing usaha rumah tangga dengan suatu keterampilan perempuan Kepala Keluarga. Hal ini akan sangat mempengaruhi produktivitas usaha yang dijalankan untuk tamvahan ekonomi yang baik dalam keluarga mereka.

Kepala DP3A Lutra, Nurhusnah didampingi pimpinan rumah Cokelat Challido Masamba Baharuddin menambahkan bahwa ke-20 perempuan yang ikut pelatihan pelaku industri berperan sebagai seorang ibu rumah tangga Kepala Keluarga mempunyai tugas yang berat. Untuk itu harus menyeimbangkan peran antara usaha rumah tangga dan keluarga.

Pelatihan yang dilakukan ini menurut Nurhusnah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan usaha rumah tangga yang dilakukan perempuan.

“Melalui pelatihan ini kami berharap ibu-ibu mampu menata usahanya sehingga mampu bersaing di era global ini,” ujar Nurhusnah.

Dalam pelatihan keterampilan perempuan, sebagai narasumber Kepala DP3A didampingi Baharuddin pemilik rumah Cokelat Challodo. Untuk peserta 20 perempuan berasal dari 9 Desa/Kelurahan, yakni Desa Lantang Tallang, Masamba, Kelurahan Kappuna, Desa Pincara, Karondang, Bantimurung, Malimbu serta Desa Salama. (yus)

Bagikan:

mediarestorasi

Bergerak Bersama Membangun Bangsa