Bursa Inovasi Desa Region I di Gelar Kecamatan Mappedeceng

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang dinakhodai Kepala Dinas, Misbah, menggelar Bursa Inovasi Desa Cluster I, meliputi Kecamatan Mappedeceng, Masamba dan Rampi, Kamis (11/7/2019) bertempat di Kecamatan Mappedeceng.

Misbah mengatakan dalam kegiatan itu mengatakan, kegiatan tersebut untuk mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas.

“Artinya efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa,” tutur Misbah Kadis PMD Luwu Utara.

Menurutnya, kapasitas desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif desa membangun masih memiliki keterbatasan, dan program yang ada di desa dianggap belum beragam.

“Demikian juga penggunaan dana desa kata dia sebagian besar masih fokus di bidang infrastruktur,” ucapnya.

Sementara asisten1 Pemkab Lutra Jumal Jayair Lussa mewakili Bupati Luwu Utara(Lutra)membuka secara resmi Bursa Inovasi dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan ekonomi dan mendorong produktifitas untuk pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan.

“Jumal Lussa menambahkan bahwa, bursa inovasi desa ini diharapkan dapat mengembangkan ekonomi lokal serta kewirausahaan pada ranah pengembangan usaha rakyat melalui badan usaha desa(BumDes), untuk menggerakkan dan mengembangkan perekonomian disetiap desa, serta diharapkan setiap desa di tiga Kecamatan yakni Mappedeceng, Masambabdan Rampi untuk menghasilkan produk unggulan di desanya,” tutur mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

Dengan bursa inovasi desa ini, diharapkan setiap desa mrmounyai inovasi untuk berkomitmen melaksanakan inovasi disetiap desanya.

Dengan adanya bursa inovasi ini harapannya berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa bisa lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kementerian Desa, Kadis PMD Lutra, para Camat, para Kepala Desa di tiga Kecamatan dan anggota Badan Permusyawaratan Desa(BPD) dan masyarakat.

Ditempat terpisah ditemui Kepala Desa Toradda, Halim Nasir, S.Sos Kecamatan Masamba mengatakan pada media ini, bahwa nanti ditahun 2020 saya programkan untuk inovasi desa budidaya keramba ikan, karena ada sungai mati sekitar 20 km dan Wisata Kampung Kakao di Desa Toradda ada 643 hektare Kakao,” pungkas Kepala Desa Toradda, Halim Nasir.(yus)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum