Bimbing Santri Dengan Berkelompok Budidaya Ayam, Dinas Peternakan Lutra Lakukan Bimtek

LUTRA (SULSEL), Mediarestorasi.com – Seluruh santri di Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan dilatih budidaya ayam kampung dan buras, mulai kemarin dibuka, Kamis(11/7/2019) di Desa Laba Jalan Lingkar Kecamatan Masamba, Lutra.

Bimtek Ini dilaksanakan sebagai upaya pembelajaran bagi santri yang tergabung KSTM yang nantinya akan memperoleh bantuan paket budidaya ayam kampung dan ayam buras dari Kementerian Pertanian.

” Bimtek ini mengajarkan peserta mendesain kandang ayam, membuat kandang ayam; pemeliharaan ayam; pengelolaan pakan ayam; dan program vaksinasi untuk mencegah penyakit,” ucap Kepala Dinas(Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan(Disnak Hewan), Adriyani Ismail pada media ini, Jumat(12/7/2019).

Adriyani Ismail, yang menjadi salah satu fasilitator Bimtek menyampaikan tentang penumbuhan kelompok usaha bagi KSTM agar nantinya mampu berhasil melakukan agribisnis ayam kampung.

“Ada 3 hal fungsi organisasi seperti KSTM ini yaitu sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit usaha”. “Mari kita bangun wadah didalam KSTM mulai dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Anggota agar KSTM bisa berjalan dengan baik sesuai peran masing-masing,” tutur Adriyani panggilan akrab mantan Kepala BKP3 Lutra.

Dalam proses pembelajaran, peserta memperoleh materi tentang pakan ternak ayam kampung. Di penghujung Bimtek, materi yang diberikan adalah pengenalan penyakit pada ayam dan bagaimana pemberian vaksin pada ayam untuk mencegah penyakit. Peserta langsung praktik memberikan vaksin ND/IB dengan cara diteteskan pada mata ayam.

” Harapan kami anggota KSTM mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat Indonesia, terkhusus di Bumi Lamaranginang ini(Lutra, red),,” ujar salah satu Santri Amiruddin.

“ Adriyani berharap peserta semua bisa sukses berbisnis ayam kampung dan ayam buras ini, buat pola bisnis yang menguntungkan”, harapnya.(yus)

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum