Pergerakan Etnis Menjadi Toraja

MEDIARESTORASI.COM -Berbicara tentang Etnis Toraja, maka kita akan berbicara tetang kebudayaan, yang kini hidup dan dilestarikan oleh masyarakat Toraja.

Ada dua kebiasaan yang melekat pada kehidupan orang toraja, yakni Rabu tuka dan rambu solo.

Kedua kebiasaan ini, diyakini tidak terjadi begitu saja. Melainkan, ada sebuah proses panjang melalui perpaduan etnis  yang melahirkan budaya baru.

Dikutip dari laman akun Facebook Miracle Toraja, Kemungkinan besar bahwa Toraja adalah suku yang tergabung dari bangsa Mongolia (bangsa Austronesia) dan ras Negrito asli dari pulau Sulawesi ini sendiri (ras Negrito/asli pribumi Indonesia)

Setelah Mongolia bergabung dengan penduduk asli Nusantara lalu beranak pinak dalam waktu dekade yang cukup panjang, maka terciptalah ciri khas manusia berkulit sawo matang yang dominan dan beberapa yang masih berkulit kehitam hitaman, mata yang tidak lagi sipit bagai Mongolia dan lain sebagainya, dapat kita lihat di Toraja dan daerah lain yaitu Batak dan Nias sebagai satu jalur persebarannya.

Soal bangunan, suku Toraja dan Batak sendiri masih mempunyai bentuk Arsitektur rumah yang ciri khasnya hampir mirip dengan arsitektur rumah suku Dong Soon (Vietnam Utara dekat Teluk Tongkin 1000SM – 1SM) dimana suku ini telah tiada sebab perpencarannya. Ada yang ke rute lama di Thailand dan yang lain lanjut ke rute barat (rute baru) yaitu Filipina hingga ke Nusantara (Indonesia)

Pengaruh suku Dong Soon sendiri ikut bergabung di Nusantara terkhusus di Sulawesi Selatan pada arus Proto Melayu Tua akhir. Kemungkinan arsitektur suku Dong Soon inilah yang ikut mempengaruhi bentuk rumah suku Toraja dalam transformasi pertengahan dimana kita kenal transformasi arsitektur rumah suku Toraja, mendapat enam kali proses dengan bentuk atap dari transformasi tengah hingga akhir melengkung dan seperti rumah Dong Soon yang lalu.

Gabungan etnis inilah yang akan menimbulkan terciptanya budaya baru, bahasa baru dan lain sebagainya. Hingga begitu banyak suku yang lahir, seperti di Negara Indonesia yang mempunyai ratusan etnis dan bahasa. ūüôā

Pembaca yang budiman, demikian tulisan singkat kami tentang suku Toraja. Ini masih sebagian kecil informasi tentang suku toraja yang kami paparkan.

Dalam tulisan berikutnya kami akan menjadi akan memberikan informasi yang lebih lengkap dan pastinya akan membuat anda penasaran.

 

Sumber : #MiracleToraja

Penulis/Editor : Yunus

Bagikan:

Yunus Suparlin

Lahir di Sipulung, 02 Januari 1980. Pendidikan, Strata 1 Ilmu Hukum